vadakkuvaasal.com

Kapan Waktu yang Tepat buat Ganti Ban Mobil?

Ganti ban mobil tidak selalu berpatokan pada usia ban.
Lihat Foto

JAKARTA, - Ban merupakan salah satu komponen paling vital pada kendaraan yang harus mendapat perhatian khusus. Keamanan dan kenyamanan berkendara sangat bergantung pada kondisi ban. Penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban.

Ban perlu diganti ketika menunjukkan tanda-tanda keausan yang signifikan, seperti retakan, benjolan, atau kerusakan lainnya pada permukaan ban.

Kondisi-kondisi ini dapat mengurangi kemampuan ban untuk berfungsi dengan baik dan berpotensi membahayakan keselamatan berkendara.

Selain itu, usia ban juga menjadi faktor penting. Beberapa orang beranggapan bahwa usia ban harus dibatasi hingga lima tahun.

Baca juga: Dirakit Lokal Tahun Ini, Harga Aion Y Plus Dipastikan Tidak Berubah

Menurut Diwan, pemilik bengkel Eurovolution di Jakarta Timur, patokan waktu lima tahun untuk mengganti ban tidak selalu harus diikuti secara kaku.

"Sebenarnya tidak mesti berpatokan ganti ban harus setelah lima tahun, tapi tergantung kualitas atau mereknya," kata Diwan kepada , Kamis (20/6/2024).

Ganti ban mobil lebih besar ada aturannya demi menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.Seva Ganti ban mobil lebih besar ada aturannya demi menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Dia menekankan, bahwa beberapa merek ban berkualitas tinggi bisa memiliki umur pakai yang lebih panjang terlebih kalau dirawat dengan baik.

"Beberapa merek itu misalnya Michelin, Bridgestone, Continental, dan lain-lain," tambahnya.

Diwan menjelaskan bahwa kualitas ban dan cara pemakaian memiliki pengaruh besar terhadap umur ban.

"Ban dengan kualitas premium biasanya lebih tahan lama. Namun, jika sering digunakan di jalanan yang rusak atau terkena beban berat, ban tersebut akan lebih cepat aus," ujarnya.

Baca juga: Generasi Baru BMW X3 Meluncur, Desain Berubah Total

Perawatan ban yang baik juga menjadi kunci untuk memperpanjang umur pakai ban.

"Rotasi ban secara berkala, pengecekan tekanan, dan menjaga keseimbangan roda adalah langkah-langkah penting untuk memastikan ban tetap dalam kondisi baik," tambah Diwan.

Dengan demikian, meski usia ban adalah faktor penting, pemilik kendaraan sebaiknya juga memperhatikan kondisi fisik dan kualitas ban yang digunakan.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat