vadakkuvaasal.com

Komponen Lebih Sedikit, Apakah Biaya Servis NMAX Turbo Lebih Murah?

Peluncuran Yamaha NMAX Turbo
Lihat Foto

JAKARTA, – Pada CVT motor matik konvensional, gerak maju mundur puli mengandalkan guliran roller yang mendorong mangkuk puli agar belt bisa naik dan turun.

Namun, pada Yamaha NMAX Turbo yang telah mengusung CVT elektronik, gerakan maju mundur mangkuk puli depan untuk menaikkan dan menurunkan belt diatur oleh motor elektrik.

Kondisi ini membuat komponen yang bergerak, terutama di area CVT NMAX Turbo, jadi lebih sedikit dibandingkan NMAX non-Turbo.

Baca juga: Ganti Air Radiator Mobil Boleh Gonta-ganti Warna?

Ilustrasi spare part motorDok. eLangsung International Agency Ilustrasi spare part motor

Dengan berkurangnya sejumlah komponen, apakah biaya servis NMAX Turbo menjadi lebih murah?

“Iya penggantian komponen lebih sedikit, (biaya perawatan) sepertinya lebih murah, enggak ada ganti-ganti roller kan,” ujar Pemilik bengkel spesialis skutik Gas Motor Toga Fantiarso, kepada (18/6/2024).

“Walaupun ganti pun sebenarnya murah. Roller itu paling Rp 60.000-70.000, umurnya panjang, van belt kurang lebih sekitar Rp 120.000,” kata dia.

Baca juga: Pemilik BeAT Street Tidak Disarankan Pasang Smart Key

Sementara itu, Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis skutik Yoga Motoshop, berkurangnya komponen pada NMAX Turbo tidak memengaruhi harga servis berkala.

“Biaya servis tidak terpengaruh, karena tingkat kesulitannya sama saja. Penggantian bisa lebih hemat, karena roller tidak ada, yang lainnya sih hampir sama,” kata Yoga, kepada (18/6/2024).

“Paling nanti kalau ketemu permasalahan di CVT elektronik, yang mungkin bisa lebih mahal. Sama saja kayak ABS rusak, kan itu lebih mahal karena sudah elektrikal. Itu yang saya perlu tahu, awetnya seberapa, durability-nya gimana,” ujarnya.

Baca juga: Generasi Baru Suzuki Swift Tertangkap Kamera di Jalan Indonesia

Salah satu ubahan yang paling kentara dari NMAX Turbo adalah kehadiran teknologi baru Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT). Fitur ini membuat fungsi roller pada CVT konvensional tidak diperlukan lagi/ADITYO WISNU Salah satu ubahan yang paling kentara dari NMAX Turbo adalah kehadiran teknologi baru Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT). Fitur ini membuat fungsi roller pada CVT konvensional tidak diperlukan lagi

Selain van belt, komponen fast moving lainnya pada NMAX Turbo adalah kampas ganda. Yoga mengatakan, saat ini kampas ganda orisinal Yamaha dibanderol sekitar Rp 500.000.

“Harga kampas ganda aftermarket biasanya lebih murah, seperti merek Daytona dijual tanpa housing, tanpa sepatu-sepatu, jadi hanya kampasnya saja. Saat ini sekitar Rp 200.000, itu satu paket dapatnya tiga buah kampas ganda untuk NMAX,” ucap dia.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat