vadakkuvaasal.com

Berapa Lama Pengisian Angin Kompresor Truk dan Bus yang Normal?

Truk trailer yang mengalami rem blong di simpang empat Secang, Magelang, Selasa (21/5/2024).
Lihat Foto

BOYOLALI, - Angin kompresor pada truk dan bus merupakan sumber tenaga cadangan untuk berlangsungnya sistem rem pneumatik.

Dengan suplai angin bertekanan baik, maka rem blong akibat tekor angin tidak akan terjadi dalam perjalanan. Sehingga penting untuk memastikan kondisinya prima setiap saat.

Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan idealnya angin bertekanan akan penuh dalam waktu kurang lebih 3 sampai 6 menit dengan kondisi mesin berputar stasioner.

Baca juga: Kenapa Bus dan Truk Sering Mengalami Rem Blong?


“Jika angin bertekanan pada tabung penyimpanan penuh dalam waktu lebih dari 6 menit, artinya kompresor lemah atau ada kebocoran, sehingga truk atau bus tak boleh dipaksakan lanjut perjalanan,” ucap Wildan kepada , Kamis (20/6/2024).

Wildan mengatakan setiap pengemudi truk dan bus harus memahami teknik dasar ini agar dapat menentukan apakah mobil yang dikendarainya dalam kondisi prima atau tidak.

“Jika dipaksakan jalan, kompresor lemah atau adanya kebocoran ini akan memicu terjadinya rem blong, sehingga kompetensi ini wajib dimiliki oleh setiap sopir kendaraan berat seperti bus dan truk,” ucap Wildan.

Baca juga: Pertamina dan KNKT Bikin Program Mitigasi Pencegahan Rem Blong

Truk skidtank elpigi mengalami rem blong hingga terjadi kecelakaan beruntun di Kabupaten Jember pada Sabtu (4/5/2024)/Dokumentasi Polsek Silo Truk skidtank elpigi mengalami rem blong hingga terjadi kecelakaan beruntun di Kabupaten Jember pada Sabtu (4/5/2024)

Wildan mengatakan pemeriksaan bisa dilakukan dalam setiap akan memulai perjalanan dengan memperhatikan indikator angin kompresor atau dengan berkeliling di area saluran angin untuk mendengarkan bunyi desis.

“Dengan munculnya bunyi desis, maka ada indikasi bahwa terjadi kebocoran angin, ditambah lagi memang waktu pengisiannya lebih lambat daripada biasanya,” ucap Wildan.

Jadi, bila di dalam kabin pengemudi truk atau bus ditemukan waktu pengisian angin kompresor lebih dari 6 menit untuk sampai penuh dalam kondisi mesin stasioner, maka pengemudi wajib melapor ke tim mekanik untuk memperbaikinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat