vadakkuvaasal.com

Berapa Lama Memanaskan Mesin Motor Matik yang Benar?

All New Honda BeAT Series
Lihat Foto

KLATEN, - Mesin pada sepeda motor matik membutuhkan pemanasan sebelum digunakan, khususnya saat pagi hari.

Kondisi lingkungan yang dingin tentu bakal mempengaruhi kondisi atau kesiapan mesin pada motor matik.

Lantas, berapa lama waktu untuk memanaskan mesin pada motor matik yang benar?

Gio, Pemilik Bengkel Giovani Motor Cawas, Klaten mengatakan memanaskan mesin motor matik tak butuh waktu lama, tapi biasanya diabaikan.

Baca juga: Kualitas Minyak Rem Motor Matik yang Buruk Bisa Picu Rem Blong


“Memanaskan mesin motor matik tak perlu sampai berjam-jam, cukup beberapa detik saja sampai putaran mesin stasioner atau bila menggunakan alat ukur sekitar 1.700 Rpm,” ucap Gio kepada , Sabtu (22/6/2024).

Gio mengatakan, bila diamati saat mesin motor matik pertama kali dihidupkan maka putaran mesin akan lebih tinggi dari standarnya karena ada sistem idle up.

Idle up ini bertujuan untuk membuat suhu kerja mesin tercapai secara perlahan dengan menaikkan putaran mesin, namun beda dengan digas-gas secara manual,” ucap Gio.

Baca juga: Ini Penyebab Munculnya Gejala Gredek pada Motor Matik

Yamaha NMAX Turbo hadir dengan pembaruan fitur yang cukup canggih di kelasnya. Kehadiran fitur baru bertujuan untuk meningkatkan performa skutik bongsor ini, walaupun berdasarkan spek di atas kertas tidak berbeda jauh dengan model sebelumnya.Dok. YIMM Yamaha NMAX Turbo hadir dengan pembaruan fitur yang cukup canggih di kelasnya. Kehadiran fitur baru bertujuan untuk meningkatkan performa skutik bongsor ini, walaupun berdasarkan spek di atas kertas tidak berbeda jauh dengan model sebelumnya.

Ketika memanaskan mesin motor matik, tuas gas tak perlu dimainkan dengan kata lain membiarkannya berputar stasioner.

“Kekentalan oli, kesiapan komponen tidak sama antara suhu masih dingin dan sudah panas atau sampai suhu kerjanya, jika langsung digeber takutnya mesin belum siap,” ucap Gio.

Berhubung tak semua motor matik dilengkapi tachometer bawaan pabrik, Gio mengatakan, konsumen bisa mendengarkan suara mesin berputar.

Baca juga: Ini Tanda Busi Motor Matik Masih Layak Pakai

Panel instrumen Yamaha NMAX Turbo/ADITYO WISNU Panel instrumen Yamaha NMAX Turbo

“Ketika putaran mesin terdengar sudah agak pelan daripada pertama kali dihidupkan, artinya sistem idle up sudah berakhir, dan motor matik sudah siap digunakan, kurang dari satu menit,” ucap Gio.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat