vadakkuvaasal.com

Pastikan Ban Serep Harus Siap Pakai Saat Dibutuhkan di Perjalanan

Ban serep perlu dicek berkala untuk menunjang keselamatan berkendara saat terjadi situasi darurat.
Lihat Foto

JAKARTA, - Ban cadangan atau ban serep mungkin jarang digunakan, namun keberadaannya memiliki peranan vital dalam menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan.

Setiap pengemudi harus memastikan bahwa ban serep dalam kondisi baik dan siap digunakan kapan saja diperlukan.

Langkah penting yang harus diperhatikan adalah memastikan alat-alat penunjang tersedia di kendaraan.

Fisa Rizqiano, Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, menekankan pentingnya memiliki alat-alat yang diperlukan untuk mengganti ban saat berada di perjalanan.

Baca juga: Jadwal Formula E 2025 Dirilis, Balapan di Jakarta Cuma Sehari

"Pastikan alat-alat bongkar pasang tersedia, seperti dongkrak, set kunci roda, dan pengganjal roda," kata Fisa Rizqiano kepada , Senin (24/6/2024).

Alat-alat ini sangat penting dalam situasi darurat. Misalnya, ketika ban utama mengalami kerusakan atau kempis di tengah jalan.

Pengecekan tekanan udara ban serep merupakan salah satu langkah perawatan penting.Mill Autoquip Pengecekan tekanan udara ban serep merupakan salah satu langkah perawatan penting.

Tanpa adanya alat yang memadai, penggantian ban bisa menjadi proses yang sulit dan berbahaya, terutama jika dilakukan di tepi jalan raya yang sibuk.

Lebih lanjut, Fisa mengingatkan para pengemudi untuk rutin memeriksa kondisi ban serep mereka.

Ban serep yang jarang diperiksa bisa mengalami penurunan tekanan udara atau bahkan kerusakan yang tidak terdeteksi.

Baca juga: Bus Baru PO Limas Pariwisata, Pakai Bodi Avante H7 dan Sasis Hino

"Sebaiknya, lakukan pemeriksaan tekanan udara pada ban serep setiap kali melakukan servis berkala. Ini untuk memastikan bahwa ban serep dalam kondisi siap pakai," katanya.

Penggunaan ban serep memang tidak sering terjadi, namun ketika situasi darurat datang, ban serep yang siap pakai dan alat-alat yang memadai akan menjadi penyelamat. Oleh karena itu, keberadaan ban serep dan alat-alat penunjang tidak boleh diabaikan.

Dengan menjaga kesiapan ban serep dan alat-alat bongkar pasang, pengemudi dapat merasa lebih aman dan siap menghadapi berbagai kemungkinan di jalan.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat