vadakkuvaasal.com

Nmax Turbo Pakai CVT Elektronik, Apakah Bikin Gejala Gredek Hilang?

Tampilan sektor CVT Yamaha NMAX Turbo
Lihat Foto

JAKARTA, – Gejala ‘gredek’ biasanya dialami oleh motor matik yang telah menempuh perjalanan panjang dengan odometer mencapai ribuan bahkan puluhan ribu kilometer.

Gejala saat akselerasi awal itu biasanya diikuti suara dan getaran yang cukup terasa dari area CVT (Continous Variable Transmission).

Lantas, apakah Yamaha Nmax generasi ketiga yang sudah mengusung YECVT atau Yamaha Electronic Continous Variable Transmission tetap merasakan gejala tersebut?

Baca juga: Hasil Konsumsi BBM New Xpander Cross di Rute Tol

Tampilan komponen CVT motor Yamaha NMAX Turbo/DIO DANANJAYA Tampilan komponen CVT motor Yamaha NMAX Turbo

“Kalau kotor tetap (gredek),” ujar Ferry Nurul Fajar, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada (21/6/2024).

“Kan kampas ganda itu mengembang , dia harus menempel, kalau ada kotoran, kena air, kena oli, otomatis pasti selip,” kata dia.

Ferry juga mengatakan, teknologi YECVT hanya menghilangkan komponen roller, yang berfungsi menggerakkan puli depan untuk mengembangkan van belt.

Baca juga: Wacana Aturan Tilang Berbasis Poin, Begini Skemanya

Namun untuk komponen kampas ganda dan puli belakang tetap ada. Sebab menurutnya, sumber gredek pada motor matik berasal dari puli belakang.

Meski begitu, getaran pada Nmax Turbo diklaim lebih minim dibandingkan Nmax model lama yang masih menggunakan komponen roller.

“Yang bikin gredek itu selip, bukan dari roller, getar itu dari puli belakang. Tapi vibrasi justru lebih berkurang, karena enggak ada gesekan roller dengan rumahnya lagi,” ucap Ferry.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat