vadakkuvaasal.com

Alasan Mobil Zaman Sekarang Mudah Ringsek Saat Terjadi Tabrakan

Insiden tabrakan beruntun empat kendaraan yang terjadi di Jalan Raya Ambeng-ambeng Watangrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur, Senin (11/12/2023).
Lihat Foto


JAKARTA, - Ada anggapan mobil modern saat ini mudah ringsek, terutama bagian depan meski tabrakan tidak terlalu keras.

Namun yang mungkin belum banyak dipahami ialah mobil yang mudah ringsek bukan disebabkan karena kualitas jelek atau buruk, namun akibat adanya penggunaan teknologi crumple zone.

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Ini Jas Hujan yang Aman untuk Pengendara Motor

Crumple zone atau zona benturan merupakan fitur keamanan struktural baru yang sudah banyak diterapkan di berbagai jenis mobil.

Kecelakaan tunggal terjadi di kompleks perumahan di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (16/9/2022). Kecelakaan ini menyebabkan sejumlah mobil mengalami kerusakan. Zintan Prihatini/ Kecelakaan tunggal terjadi di kompleks perumahan di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (16/9/2022). Kecelakaan ini menyebabkan sejumlah mobil mengalami kerusakan.

Para produsen otomotif menerapan crumple zone untuk membantu melakukan penyerapan energi dampak terjadinya sebuah tabrakan yang mengendalikan deformasi.

Jadi singkatnya struktur mobil memang dirancang demikian agar mobil dapat menyerap energi dari tabrakan tersebut.

Baca juga: Mal di Sentul Jadi Gudang Chery, Persiapan GIIAS 2024

Crumple zone berfungsi untuk melindungi bagian ruang kabin agar tidak menjadi mudah rusak ketika terjadi tabrakan.

Ilustrasi kecelakaan mobil, kecelakaan lalu lintas. Alami kecelakaan di Jember, Ketua Bawaslu Jember selamat. Insiden terjadi di Jalan Jember - Lumajang, Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (10/5/2024) dini hari.
SHUTTERSTOCK/WILLIAM A. MORGAN Ilustrasi kecelakaan mobil, kecelakaan lalu lintas. Alami kecelakaan di Jember, Ketua Bawaslu Jember selamat. Insiden terjadi di Jalan Jember - Lumajang, Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (10/5/2024) dini hari.

Secara umum, pengertian deformasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada bagian bentuk atau desain bodi mobil. Perubahan terjadi dari bentuk mobil yang mulus sampai menjadi ringsek atau berkerut.

Baca juga: Kemahalan, Citroen Indonesia Batal Jual Mobil Listrik E-C4

Crumple zone biasanya diletakan di bagian depan dan bagian belakang mobil, sehingga tidak harus selalu berada di bagian depan.

Jika ditempatkan di bagian depan, maka lokasi penyimpanannya berada di bagian ujung depan mobil bahkan sampai dengan ruang kabin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat