vadakkuvaasal.com

Video Viral Bocah Bikin Konten Menyeberang di Jalan Tol

Anak muda menyeberang di ruas jalan tol
Lihat Foto

JAKARTA, - Viral di media sosial video yang memperlihatkan sejumlah bocah bermain di ruas jalan tol Jakarta-Tangerang.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @tangerangku.id, tampak seorang bocah berbaju biru tampak menyeberang jalan tol dengan santai. Bocah itu bahkan sempat joget dipinggir jalan tol dan menghampiri sejumlah anak kecil yang berdiri di lokasi tersebut.

Aksi bocah tersebut tentu membahayakan diri sendiri juga bisa membawa petaka untuk orang lain.

Baca juga: Waspada, Ini yang Bisa Bikin CVT Elektronik Nmax Turbo Rusak

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, anak-anak dalam video tersebut sebetulnya mengetahui risiko bahaya beraktivitas di jalan tol, bahkan beberapa dari mereka tahu jika itu melanggar hukum.

“Tapi sekali lagi, mereka masih mencari jati diri. Jika orang tua tidak bisa mengawasi maka petugas harus turun tangan, di kasih teuguran dan dikoordinasikan dengan aparat setempat,” kata Sony, saat dihubungi , Kamis (4/7/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tangerangku.id (@tangerangku.id)

Sony melanjutkan, saat di jalan tol pengemudi mobil tidak mudah untuk menghindari orang menyeberang karena melaju dengan kecepatan tinggi. Selain itu, tak sedikit dari mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk menghindar.

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Ini Jas Hujan yang Aman untuk Pengendara Motor

“Reaksi pertama pasti kaget (karena tidak ada aturannya orang menyeberang di jalan tol), setelah itu cek lagi spion sambil berpikir mengambil keputusan untuk rem atau menghindar ke kiri atau kanan,” ucap Sony.

Jika pengemudi memutuskan ngerem, pastikan arah mobil tetap lurus, setelah itu lihat reaksi menghindar atau arah larinya penyeberang.

“Kemungkinan terhindar dari tabrakan kecil tetapi tetap harus ada usaha,” kata Sony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat