vadakkuvaasal.com

Kriteria Helm yang Aman Digunakan Biker Saat Musim Hujan

Ilustrasi berkendara saat hujan.
Lihat Foto

JAKARTA,  - Saat musim hujan tiba, pengendara sepeda motor menghadapi tantangan tambahan yang mengharuskan mereka untuk lebih waspada dan siap dalam berkendara.

Salah satu elemen terpenting dalam berkendara aman di musim hujan adalah penggunaan helm yang tepat. Helm bukan hanya alat pelindung kepala dari benturan, tetapi juga dari elemen cuaca yang tidak bersahabat, seperti hujan deras.

Helm dengan visibilitas yang baik sangat penting saat berkendara di bawah guyuran hujan. Visor helm harus selalu dalam kondisi bersih dan bebas goresan agar pandangan tidak terganggu.

Baca juga: Waspada, Ini yang Bisa Bikin CVT Elektronik Nmax Turbo Rusak

Beberapa helm dilengkapi dengan fitur anti-kabut yang sangat berguna untuk menjaga kaca tetap jernih meski udara lembab. Selain itu, penggunaan helm dengan ventilasi yang baik membantu mengurangi embun yang terbentuk di dalam helm.

Ahmad M, seorang pegiat komunitas Belajar Helm, menekankan pentingnya memilih helm yang tepat untuk berkendara di musim hujan.

"Helm dengan visor anti-kabut penting banget buat berkendara saat hujan. Visor yang berkabut bisa sangat berbahaya karena mengurangi jarak pandang pengendara," kata Ahmad M kepada , Kamis (4/7/2024).

Helm dengan visor anti kabut sangat membantu pengendara dalam berkendara saat hujan.Federal Oil Helm dengan visor anti kabut sangat membantu pengendara dalam berkendara saat hujan.

 

Menurut Ahmad, pengendara juga harus memastikan helm mereka memiliki sistem penguncian yang kuat dan tahan air untuk menghindari air masuk ke dalam helm.

Selain memilih helm yang tepat, Ahmad juga menyarankan pengendara untuk melakukan perawatan rutin pada helm mereka, terutama saat musim hujan.

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Ini Jas Hujan yang Aman untuk Pengendara Motor

"Pastikan helm selalu dalam kondisi kering setelah digunakan di bawah hujan. Lap bagian dalam dan luar helm untuk menghindari kelembaban yang bisa menyebabkan bau tidak sedap atau bahkan jamur," tambahnya.

Dengan menggunakan helm yang tepat dan melakukan perawatan yang baik, pengendara motor dapat mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan mereka saat berkendara di musim hujan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat