vadakkuvaasal.com

Sebelum Bikin SIM C1, Bisa Ikut Kelas Berkendara Motor Besar dari AHM

Kompetisi Keselamatan Berkendara Astra Honda Motor
Lihat Foto

JAKARTA, - Mengendarai sepeda motor dengan kapasitas mesin besar butuh keahlian khusus. Bahkan Polri sekarang mengkategorikan Surat Izin Mengemudi (SIM) berdasarkan besaran mesin, seperti di atas 250cc, harus pakai SIM C1.

Bagi yang memiliki motor besar, mau buat SIM C1, tapi ragu akan kemampuannya, bisa mengikuti kelas latihan di AHM Safety Riding Park yang berlokasi di Delta Mas, Bekasi. Tidak harus memiliki motor Honda, semua bisa daftar dan gratis.

Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor mengatakan, saat kelas belajar motor besar, ada dua hal dulu yang harus ditanamkan pada peserta.

Baca juga: AHM Gelar Kompetisi Instruktur Safety Riding, Terus Perbarui Kurikulum

Kompetisi keselamatan berkendara Astra Honda Motor /Fathan Kompetisi keselamatan berkendara Astra Honda Motor

"Pertama secara mindset, kita tanamkan menggunakan big bike ini berbeda dengan kendaraan yang kecil. Artinya tenaga lebih besar, bisa kecepatan tinggi, ini mununtut tanggung jawab lebih besar lagi," kata Lucky di Bekasi, Kamis (4/7/2024).

Jadi sebelum mengendarai, pengendara big bike atau moge harus punya pemahaman lebih tinggi soal keselamatan berkendara. Poin kedua adalah mengenali karakter dari moge yang dikendarai.

Baca juga: Alasan Mobil Zaman Sekarang Mudah Ringsek Saat Terjadi Tabrakan


"Tenaga besar, bobot berat, teknik berkendara kita berikan dalam materi kita," kata Lucky.

Kalau yang mau daftar, bisa mengunjungi laman astra-honda.com dan pilih safety riding. Nanti ada ppilihan AHM Safety Riding Park dan ada akses untuk mendaftar, ada berbagai kelas dan gratis.

"Kalau peserta cukupp banyak, bisa buat kelas khuus untuk big bike," kata Lucky.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat