vadakkuvaasal.com

Awas, Bagian Mobil Ini Tidak Kena Efek Crumple Zone

Sedan mewah bermerek Porsche Cayman menabrak bagian belakang truk di Tol Dalam Kota, tepatnya di KM 5+200 B sebelum Gerbang Tol Kuningan 2, Rabu (19/6/2024) dini hari.
Lihat Foto

DEPOK, - Crumple zone merupakan bagian sasis mobil yang akan menjadi peredam ketika terjadi benturan atau tabrakan. Sayangnya, tidak semua arah benturan bisa diredam olehnya.

Crumple zone berada di area depan khususnya di ruang mesin dan belakang di area bagasi pada mobil yang menggunakan jenis sasis monokok.

Artinya tidak semua benturan dapat dihalau oleh crumple zone. Lantas, area mobil mana saja yang tidak memiliki efek crumple zone?

Baca juga: Alasan Kenapa Crumple Zone di Mobil Bisa Jadi Penyelamat Saat Kecelakaan


Aris Wijanarko, Kepala Bengkel Body Repair Indomobil Nissan Datsun Sukamaju, Depok mengatakan crumple zone disediakan untuk meredam benturan dari arah depan dan belakang, tapi syaratnya objek harus menabrak area ini.

“Jika objek yang ditabrak tidak mengenai crumple zone, misal mobil menabrak belakang truk dan masuk kolong, maka area yang bertumbukan adalah bagian pilar dan kaca, akibatnya benturan langsung mengenai penumpang,” ucap Aris kepada , Jumat (5/7/2024).

Aris mengatakan crumple zone akan bekerja efektif ketika objek yang ditabrak memiliki luas penampang besar dan mengenai tepat area crumple zone atau bagian ruang mesin.

Baca juga: Sejarah Crumple Zone, Paten Mercedes-Benz yang Dibuka untuk Umum

Satu keluarga asal Kabupaten Purwakrta tewas setelah terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang KM 113 A, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023). Dok. PJR Tol Cipularang via Tribun Jabar Satu keluarga asal Kabupaten Purwakrta tewas setelah terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang KM 113 A, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023).

“Dari beberapa hasil uji tabrak mobil, ketika crumple zone bisa ringsek sempurna maka kondisi kabin masih utuh, dan tingkat fertilitasnya rendah, berbeda dengan benturan yang tidak mengenai crumple zone secara sempurna,” ucap Aris.

Aris mengatakan secara kasat mata dari pandangan orang awam, ketika tumbukkan mengenai kaca atau pilar secara langsung maka fatalitasnya tinggi karena tidak ada efek crumple zone.

Aris mengatakan airbag dan seat belt akan efektif mencegah penumpang membentur bagian dalam kabin seperti kemudi dan sekitarnya ketika mobil menerima benturan. Tapi, bila benturan langsung mengarah ke area kabin maka fatal risikonya.

Baca juga: Kupas Crumple Zone, yang Bikin Mobil Zaman Sekarang Mudah Ringsek

Fakta kecelakaan mobil Pajero vs truk di Tol Semarang-BatangFoto: Tangkapan layar Fakta kecelakaan mobil Pajero vs truk di Tol Semarang-Batang

“Tetap perlu berhati-hati dan jangan abaikan keselamatan saat berkendara, seperti memakai sabuk keselamatan, jaga kecepatan aman dan taat terhadap tata tertib berlalu lintas,” ucap Aris.

Jadi, saat ini belum ada teknologi yang dapat meredam benturan di area kaca dan pilar ketika mobil mengalami kecelakaan meski

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat