vadakkuvaasal.com

Marquez Cedera Berat, tapi Tetap Memaksa Balapan di Sachsenring

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - Marc Marquez mengalami kecelakaan fatal pada sesi Practice MotoGP Jerman 2024 di Sirkuit Sachsenring. Pebalap Gresini Racing ini mengalami highside yang membuatnya terpental dari motor.

Kejadian tersebut dialami Marquez pada tikungan 11 atau biasa dijuluki dengan tikungan Waterfall. Tikungan tersebut memang sering kali memakan korban pada tiap serinya.

Baca juga: Alex Marquez Resmi Bertahan di Gresini Racing, Menanti Rekan Baru

Pasalnya, tikungan 11 merupakan tikungan ke kanan. Sedangkan pada beberapa tikungan sebelumnya mengarah ke kiri, sehingga temperatur pada sisi kanan ban sudah menurun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Pada kecelakaan yang dialami Marquez, sebenarnya dia mengalami lowside terlebih dahulu dengan ban depan kehilangan grip lebih dulu. Kemudian, ban belakang juga kehilangan grip.

Namun, tak lama kemudian, kedua ban mendapatkan grip ketika posisi motor sudah merebah. Sedangkan posisi Marquez masih memegang setang. Sehingga, dia pun terlempar ke udara dan menghantam aspal dengan cukup keras.

Baca juga: Ducati Bantah Tudingan Kehilangan Tim Satelit akibat Marquez

Tim medis MotoGP menyatakan, Marquez mengalami patah tulang pada jari telunjuk kirinya dan juga memar yang cukup parah pada tulang rusuknya. Meski mengalami cedera, dia dinyatakan sehat untuk balapan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

"Perasaan saya dengan motornya cukup baik, tetapi jelas bahwa kecelakaan di sore hari berdampak besar pada hari pertama di Sachsenring," ujar Marquez dalam keterangan resminya.

"Saya tidak khawatir dengan patah tulang di jari saya, tetapi memar di tulang rusuk adalah yang paling mengganggu saya dan itu juga menghalangi saya untuk melanjutkan sesi. Sekarang saatnya untuk beristirahat dan besok pagi kita lihat bagaimana kondisi fisik saya," kata Marquez.

Marquez menyelesaikan sesi Practice di posisi ke-13. Artinya, dia harus melewati sesi kualifikasi Q1 terlebih dahulu sebelum masuk Q2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat