vadakkuvaasal.com

Pentingnya Crumple Zone pada Kendaraan

Ilustrasi kecelakaan mobil, kecelakaan lalu lintas. Alami kecelakaan di Jember, Ketua Bawaslu Jember selamat. Insiden terjadi di Jalan Jember - Lumajang, Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (10/5/2024) dini hari.
Lihat Foto

SOLO, - Crumple Zone merupakan salah satu inovasi penting dalam industri otomotif, khususnya mobil di mana dirancang untuk meningkatkan keselamatan penumpang dengan cara yang efektif.

Philardi Sobari, Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, crumple zone ini merupakan salah satu poin penting dalam rancang bangun kendaraan.

Philardi mengatakan, crumple zone ini dirancang untuk menyerap energi kinetik pada saat terjadi tabrakan agar tidak tersalurkan ke dalam kabin.

Baca juga: Chery Siap Bawa Mobil Baru di GIIAS 2024, Tiggo 9?

Ilustrasi kecelakaan kendaraan. Kecelakaan di Indramayu tewaskan dua orang, Minggu (21/4/2024). Mobil Panther tersebut dua kali tabrak pohon lalu tercebur ke sungai.Shutterstock Ilustrasi kecelakaan kendaraan. Kecelakaan di Indramayu tewaskan dua orang, Minggu (21/4/2024). Mobil Panther tersebut dua kali tabrak pohon lalu tercebur ke sungai.

“Namun, tentu crumple zone ini tidak bekerja sendiri dalam memberikan proteksi kepada penumpan tetapi juga bekerjasama dengan berbagai perangkat keselamatan pasif atau aktif lainnya seperti Airbag maupun Toyota Safety Sense,” kata Philardi kepada , Jumat (5/7/2024).

Philardi juga mengatakan, meski kendaraan yang dikembangkan sudah memiliki crumple zone, pengemudi juga tetap harus menaati peraturan lalu lintas.

“Pengemudi juga diharapkan bisa selalu mengikuti peraturan lalu lintas yang berlaku demi meminimalisir angka kecelakaan,” katanya.

Sementara hal serupa juga dikatakan oleh, Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, fitur keselamatan ini pasif jadi pengemudi juga perlu berhati-hati dalam mengemudi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mengekor di Belakang Bus Bikin Mobil Irit Bensin


“Bahasa teknisnya bodi dibuat sistem Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) yang meredam energi secara efisien dan mempertahankan keutuhan kabin saat terjadi benturan,” kata Muchlis.

“Tapi semua fitur keselamatan sifatnya pasif, yang paling penting ya konsentrasi dalam berkendara,” lanjut Muchlis.

Sehingga dapat disimpulkan, meskipun sudah ada fitur keselamatan pengemudi juga masih harus menaati peraturan lalu lintas, karena crumple zone sifatnya hanya mengurangi benturan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat