vadakkuvaasal.com

Mulai Musim Hujan, Pengendara Motor Jangan Sembarang Pilih Tempat Berteduh

Pengguna kendaraan bermotor menembus hujan di Jalan Menteng Raya, Jakarta, Jumat (22/2/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur wilayah Jabodetabek pada Jumat (22/2/2019) siang.
Lihat Foto

JAKARTA, - Belakangan ini wilayah Indonesia tak terkecuali Jakarta kerap kali tiba-tiba diguyur hujan. Bagi pengendara sepeda motor yang masih aktif dengan mobilitas tinggi, tentu butuh persiapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah membawa jas hujan.

Saat dilanda cuaca seperti ini, fenomena pengendara motor berteduh di underpass pun sering terjadi. Selain itu, ada juga beberapa lokasi yang menjadi favorit pengendara motor untuk berteduh dari hujan, seperti kolong jembatan, fly over hingga pinggir jalan.

Lokasi tersebut tidak hanya mengganggu pengguna jalan lain yang hendak melintas, namun juga tidak aman dan bisa membahayakan pengendara motor itu sendiri.

Baca juga: Pentingnya Crumple Zone pada Kendaraan

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara motor sebaiknya memilih tempat yang aman saat berteduh, seperti misalnya ruko yang memiliki lahan parkir.

“Sebaiknya berhenti di tempat yang aman dan nyaman, seperti ruko dan sebagainya, yang terdapat area parkir agar tidak mengganggu kendaraan lain,” ucap Agus, saat dihubungi , Jumat (5/7/2024).

Selain itu, perhatikan juga kondisi lokasi saat berteduh karena hujan deras dan angin kencang bisa membuat pohon tumbang.

Beberapa pengendara motor berteduh di underpass dekat Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2023). Hal ini menyebabkan jalanan macet parah./Fabian Januarius Kuwado Beberapa pengendara motor berteduh di underpass dekat Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2023). Hal ini menyebabkan jalanan macet parah.

Menurut Agus, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pengendara motor untuk bekal persiapan berkendara di musim hujan.

“Pertama sebelum berangkat biasakan untuk selalu mengecek kendaraan, terutama bagian ban, rem dan kelistrikan. Selanjutnya, siapkan atau gunakan jas hujan dengan model terpisah bukan model ponco,” kata Agus.

Apabila tiba-tiba hujan deras dan disertai angin kencang, pengendara motor sebaiknya segera menepi di tempat yang aman dan berteduh sampai cuaca kembali kondusif.

“Hindari jalan dengan genangan air yang cukup tinggi, batas maksimal yang bisa dilewati motor yaitu sampai dgn lubang knalpot motor, namun apabila genangan air terlalu panjang sebaiknya menunggu surut atau cari rute lain yang lebih aman, pilihlah rute yg tidak banjir,” ucap Agus.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Bekas per Juli 2024, Datsun Go mulai Rp 64 Jutaan

Tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah teknik berkendara saat hujan deras.

“Gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan apabila ingin melakukan pengereman, kekuatan rem depan harus dikurangi untuk mencegah roda depan slip atau tergelincir, dan jaga jarak aman anda dengan kendaraan didepan untuk menghindari pengereman mendadak,” ujar Agus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat