vadakkuvaasal.com

Sejarah Bensin, Awalnya Dianggap Tak Berguna karena Kalah dari Minyak Tanah

Isi bensin
Lihat Foto

JAKARTA, - Bensin merupakan bahan bakar utama mesin pembakaran dalam atau ICE. Selama berabad-abad bensin adalah jantung industri otomotif. Tanpa bensin, mesin tidak bisa bekerja dan cuma jadi “seonggok” besi.

Bensin atau gasoline pertama kali ditemukan secara tidak sengaja sebagai produk sampingan limbah dari penyulingan minyak bumi untuk memperoleh minyak tanah yang digunakan untuk penerangan.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Jerman 2024, Jorge Martin Menang

Dilansir dari Engineering and Technology History Wiki, pada tahun 1850-an, kilang minyak di Amerika Serikat (AS) hanya menambang minyak bumi untuk dijadikan minyak tanah atau kerosin.

Mesin bensin 1.4L turbo Chevrolet Trax 2017.Febri Ardani/Otomania Mesin bensin 1.4L turbo Chevrolet Trax 2017.

Hasil sulingan minyak tanah saat itu menghasilkan cairan yang lebih mudah menguap yang sekarang dikenal sebagai bensin. Cairan ini tidak disukai karena dianggap tidak berguna sebab mudah terbakar.

Pada medio tahun 1860-1880’an disebutkan tidak ada seorang pun di industri mesin pembakaran internal (ICE) yang tertarik pada bensin. Sebab saat itu sebagian besar prototipe awal mesin ialah mesin uap.

Lompatan besar bensin di industri otomotif dilakukan oleh salah satu pendiri Mercedes-Benz, yaitu Karl Friedrich Michael Vaillant Benz (1844-1929), yang merupakan lulusan Institut Teknologi Karlsruhe.

Baca juga: Gen Z Diklaim Jadi Pasar Potensial Industri Otomotif

Saat itu Karl Benz membangun prototipe mesin monosilinder yaitu Benz Patent Motorwagen berbahan bakar bensin pertama pada 1879, yang akhirnya dipatenkan oleh Daimler pada tahun 1886.

Dilansir dari buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini karya James Luhulima, saat itu bensin atau juga benzene bernama ligroin.

gasoline injector with fire on black backgroundRetouch man - stock.adobe.com gasoline injector with fire on black background

Tak selang beberapa lama, di belahan dunia lain tepatnya di AS, pada tanggal 6 September 1892, traktor bertenaga bensin pertama diproduksi oleh John Froelich dari Iowa, yang menggunakan mesin bensin satu silinder.

Adapun pada tanggal 11 Juni 1895, paten AS pertama untuk mobil bertenaga bensin diberikan kepada Charles Duryea dari Springfield, Massachusetts.

Baca juga: Harga MPV Bekas per Juli 2024, Innova mulai Rp 110 Jutaan

Selama tahun 1900-1914, terjadi peralihan besar-besaran dari kereta kuda menjadi kereta yang memakai mesin. Di sini bensin jadi pemegang peranan penting sebagai bahan bakar mesin mobil.

Perusahaan minyak bumi mulai memproduksi bensin sebagai hasil sulingan sederhana dari minyak bumi, sejalan dengan industri otomotif menciptakan kebutuhan akan bahan bakar baru.

Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance./Donny Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.

Pahun 1905, kepemilikan mobil bertenaga bensin di AS mulai meningkat pesat, seiring meningkatnya produksi mobil dari merek-merek Olds Motor Works, Cadillac dan Ford pada 1907.

Hal tersebut membuat permintaan bensin ikut melonjak. Produsen minyak bumi makin tertarik untuk menyuling minyak bumi sebagai "roda ekonomi masa depan."

Sejalan dengan perkembangan mesin mobil tuntutan untuk bahan bakar juga meningkat. Produsen mobil ingin bensin yang lebih baik yang sesuai dengan mesin modern.

Baca juga: Modifikasi Toyota GR Corolla, Body Kit Varis Bikin Aerodinamis

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat