vadakkuvaasal.com

Awas Tertipu, Ini Cara Mudah Bedakan Oli Motor MPX Asli dan Palsu

Barang bukti oli palsu merek AHM MPX 1 yang disita oleh Polda Lampung, Jumat (5/7/2024).
Lihat Foto

SOLO, - Sebelumnya, diberitakan bahwa peredaran oli palus merek AHM MPX 1 di Lampung berhasil dibongkar Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung.

Terdapat barang bukti yang disita mencapai 7.200 botol dengan rincian 3.500 botol AHM MPX 1 ukuran 800 mililiter dan 3.600 merek Federal UltraTec.

Ditreskrimsus Polda Lampung juga membagikan cara membedakan oli asli dan palsu merek AHM MPX 1.

Kepolisian menyebutkan, perbedaan oli palsu dengan produk asli sebenarnya bisa diketahui secara kasat mata dari kemasannya.

Baca juga: Mazda Andalkan CX-3 di GIIAS 2024

Polda Banten bongkar pabrik oli palsu di Kabupaten Tangerang, Banten.KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Polda Banten bongkar pabrik oli palsu di Kabupaten Tangerang, Banten.

Kasubdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Lampung, Komisaris Polisi (Kompol) Denny Wahyudi mengatakan, perbedaan paling mencolok adalah garis berwarna abu-abu yang ada di sisi samping botol.

“Yang asli garisnya itu presisi dan tebal. Sedangkan yang palsu garisnya tidak lurus dan tipis,” katanya dikutip dari , Minggu (7/7/2024).

Sementara, keaslian produk keluaran Astra Honda Motor (AHM) bisa dicek langsung dengan memindai kode QR yang ada di stiker botol bagian belakang, dan akan masuk lama PT AHM Indonesia.

Baca juga: Harga MPV Mewah Bekas, Toyota Alphard mulai Rp 161 Jutaan

Botol-botol oli palsu dengan merek AHM MPX 1 yang disita Polda Lampung, Jumat (5/7/2024).KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Botol-botol oli palsu dengan merek AHM MPX 1 yang disita Polda Lampung, Jumat (5/7/2024).

“Kalau di-scan, kode QR di produk palsu juga langsung membuka website, tapi website ini palsu juga, sengaja dibuat menyerupai website aslinya,” katanya.

Selain itu, bisa dilihat dari segel tutup botol yang berwarna merah. Produk asli segel tertutup rapat, sedangkan produk palsu lebih longgar dan masih bisa diputar meski segel belum dibuka.

Senior Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Rina Listiani mengatakan, AHM telah memiliki kemasan oli MPX baru yang dilengkapi dengan ciri khas khusus.

Baca juga: Nmax Turbo Meluncur, Nmax Model Lama Diskon Rp 1 Juta

Menurutnya, dengan kemasan baru ini bisa untuk menyempurnakan keamanan pada keaslian produk pelumas MPX.

Ilustrasi mengganti oli mesin motorDok. DAM Ilustrasi mengganti oli mesin motor

"Ciri-ciri tersebut dapat ditemui pada kemasan pelumas yang sudah lama beredar," ujar Rina kepada , belum lama ini.

Bahkan, ciri-ciri oli asli dan palsu MPX Honda sudah pernah diinformasikan melalui laman resmi AHM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat