vadakkuvaasal.com

Etika Benar Saat Lewat Tanjakan, Antre Biar Terhindar dari Bahaya

Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.
Lihat Foto

JAKARTA, - Mengemudi di jalan yang menanjak harus perhatikan etika. Apalagi jika melewati jalan yang terjal, harus bergantian, bukan beriringan.

Contoh etika lewat jalan menanjak yang baik bisa dilihat pada unggahan akun garasi BMW di Instagram. Perekam mengabadikan momen beberapa mobil yang antre di bawah sebelum melewati tanjakan di Jalan Bawang, Dieng, menuju Tol Langit Kahyangan.

Pengemudi tersebut secara bergantian naik ke puncak tanjakan. Perilaku seperti ini merupakan etika baik saat melewati jalan menanjak, harus dipahami semua pengemudi.

Baca juga: Prediksi Mobil Baru BYD di GIIAS 2024

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GARASIBMW (@garasibmw)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, setiap mau melewati tanjakan, etikanya adalah mengantre di bawah.

"Etikanya antre di bawah, bukan cuma di tanjakan yang terjal," kata Sony kepada , Minggu (7/7/2024).

Sedangkan di jalan, kebanyakan pengguna mobil beriringan saat lewat tanjakan. Padahal ada risiko kendaraan gagal menanjak, apalagi kalau truk, lebih besar kemungkinannya.

Baca juga: Mengenal Nilai RON pada Bensin

Sony menjelaskan, saat mobil menanjak dan bergantian, maka saat gagal masih ada ruang buat mundur dan coba lagi. Bayangkan kalau sempet, mobil gagal nanjak malah bisa menabrak kendaraan di belakangnya.

"Di sini banyak yang enggak sadar karena ilmu nyetirnya  cuma gas dan rem, etika dan toleransinya enggak diolah," kata Sony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat