vadakkuvaasal.com

Menghemat Biaya Perawatan Motor Bisa dengan Pelumas Berkualitas

Oli motor
Lihat Foto

JAKARTA, - Menggunakan pelumas berkualitas tinggi pada kendaraan bukan hanya soal menjaga mesin tetap berjalan, tetapi juga tentang memastikan performa optimal dan umur panjang kendaraan.

Pelumas berkualitas tinggi memiliki peran penting dalam mencegah kerusakan mesin yang bisa terjadi akibat gesekan dan panas berlebihan. Dengan pemakaian pelumas yang tepat, pengendara dapat menghemat biaya perawatan dan perbaikan dalam jangka panjang.

Pelumas yang baik berfungsi untuk melapisi komponen-komponen mesin, sehingga mengurangi gesekan dan mencegah keausan. Ini sangat penting terutama untuk kendaraan yang sering digunakan dalam kondisi lalu lintas berat atau untuk perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Hasil Klasemen Pebalap MotoGP 2024: Bagnaia Gusur Martin dari Puncak

Selain itu, pelumas berkualitas tinggi juga membantu menjaga suhu mesin tetap stabil, yang sangat penting untuk mencegah mesin dari overheat yang bisa merusak komponen internal.

Selain menjaga kondisi mesin, penggunaan pelumas berkualitas tinggi juga berdampak positif pada efisiensi bahan bakar. Mesin yang berjalan dengan lancar dan minim gesekan akan bekerja lebih efisien, sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan.

Ilustrasi penggantian oli motorm.louis.eu Ilustrasi penggantian oli motor

Ini merupakan keuntungan ganda, di mana pengendara tidak hanya menghemat biaya bahan bakar, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan emisi yang lebih ramah lingkungan.

"Mencegah komponen mesin dari keausan, mengurangi gesekan, meringankan biaya perawatan, menjaga suhu mesin," kata Training Analyst Wahana Makmur Sejati, Wahyu Budhi kepada akhir pekan lalu.

Wahyu menekankan pentingnya memilih pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan kondisi penggunaan kendaraan. Pelumas berkualitas juga mengandung aditif khusus yang mampu membersihkan endapan dan kotoran di dalam mesin, sehingga performa mesin tetap optimal.

Baca juga: Hasil MotoGP Jerman 2024: Bagnaia Juara karena Martin Kecelakaan

"Pemilik kendaraan sebaiknya rutin memeriksa dan mengganti pelumas sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan. Ini bukan hanya untuk menjaga performa, tetapi juga untuk mencegah kerusakan serius yang bisa terjadi akibat kelalaian dalam perawatan," katanya.

Menjaga mesin kendaraan dengan pelumas berkualitas tinggi merupakan langkah penting dalam memastikan kendaraan tetap dalam kondisi prima. Selain mengurangi biaya perawatan jangka panjang, penggunaan pelumas yang tepat juga memberikan keamanan dan kenyamanan lebih bagi pengendara. Pemilik kendaraan disarankan untuk selalu memperhatikan jenis pelumas yang digunakan dan mengikuti anjuran perawatan dari pabrikan.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat