vadakkuvaasal.com

Kecelakaan Tunggal di Tol Batang, Mobil sampai Terbalik di Lajur Kanan

Kecelakaan tunggal di Tol Batang hingga membuat mobil terbalik.
Lihat Foto

 

BATANG, - Terjadi kecelakaan tunggal di KM 373 Tol Batang, Jawa Tengah arah Pekalongan pada, Senin (8/7/2024) pukul 14.23 WIB.

Kejadian ini diunggah oleh akun media sosial Instagram @pekalonganinfo, dimana dalam video tersebut terlihat mobil berwarna merah terbalik di lajur kanan, dengan kap mesin mengarah ke bagian bawah.

Namun, dijelaskan jika belum ada informasi lebih lanjut terkait kronologi, penyebab dan kondisi pengemudi mobil.

Baca juga: BYD M6 Bisa Dipesan dengan Booking Fee Rp 10 Juta

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PEKALONGAN INFO (@pekalonganinfo)

 

Menanggapi kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, faktor mobil mengalami kecelakaan hingga terbalik terjadi karena pengemudi kehilangan kontrol.

“Mobil terbalik disebabkan adanya gerakan tidak normal yang terjadi akibat dari hilangnya kontrol pengemudi terhadap keseimbangan kendaraan,” kata Sony kepada , belum lama ini.

Sony menjelaskan, jika mobil sudah berjalan minimal 20 kpj, maka faktor keseimbangan pada kendaraan sudah bekerja, yaitu Pitch, Roll, Yaw & Bounch.

Baca juga: Kata Komunitas Soal Kasus Pajero Sport Bergetar

“Tapi ketika Yaw ikut bekerja artinya kendaraan sudah mengalami slip dan berpotensi sampai dengan terbalik,” kata Sony.

Menurut Sony, pengemudi harus memahami risiko dan hal yang harus diperhatikan ketika berkendara di jalan tol. Salah satunya slip seperti understeer dan oversteer. Kemudian terbalik dan menghantam obyek di kiri dan kanan.

"Hal yang bisa meminimalkan resiko tersebut adalah kontrol emosi, karena ketika emosi stabil maka akal sehat akan berpikir dua kali untuk bertindak gegabah dalam menentukan kecepatan, zig-zag dan ugal-ugalan," kata Sony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat