vadakkuvaasal.com

Pastikan Sudah Komunikasi dengan Sopir Sebelum Menyalip Bus dan Truk

Ilustrasi menyalip truk di jalan tol.
Lihat Foto

JAKARTA, - Menyalip kendaraan besar seperti bus dan truk perlu perhitungan matang. Alasannya, bus dan truk punya blind spot besar sehingga kendaraan kecil di sekitarnya bisa jadi tidak terlihat oleh sopir.

Sony Susmana, pendiri dan senior instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, sebelum menyalip bus dan truk diperlukan “komunikasi” dengan sang sopir.

Baca juga: PO Djoko Kendil Rilis Bus Pariwisata Baru, Pakai Livery Anyar

“Lantas bagaimana supaya ada komunikasi dalam hal ini dengan sopir, komunikasi bisa didapat dari suara dan kontak mata,” ujar Sony kepada , Senin (8/7/2024).

Ilustrasi menyalip trukFoto: Quora Ilustrasi menyalip truk

Komunikasi suara bisa dengan membunyikan klakson. Fungsi klakson agar sopir sadar dengan kondisi sekitar terutama di bagian sisi samping dan belakang bahwa ada kendaraan lain yang mau menyusul.

Klakson juga dapat ditambah dengan aplikasi lampu untuk mempercepat proses tersebut.

Sedangkan kontak mata disebutkan Sony, biasanya terjadi jika sang sopir melihat kaca spion ke belakang dan melihat ke arah mata pengemudi.

Baca juga: Bocoran Jetbus 5 Big Benz Buatan Karoseri Adiputo di GIIAS 2024

“Misalkan kita mau mendahului bisa lakukan kontak mata dengan sopir, kalau kita ada eye contact dia akan kasih ruang untuk mendahului,” ujarnya.

Truk besar memiliki blind spot yang luas dan bisa membahayakan pengendara motorKOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Truk besar memiliki blind spot yang luas dan bisa membahayakan pengendara motor

Baca juga: Siap Meluncur di GIIAS 2024, Neta X Sudah Dapat Sertifikasi TKDN

“Kalau untuk di belakang memang agak susah, jadi kita jaga jarak saja. Artinya jika kita jaga jarak saja kan sebetulnya cukup, aman-aman saja, tapi bagaimaa saat kita mau mendahului blind spot sopir itu besar,” ujarnya.

Setelah melakukan komunikasi dengan sopir dan dapat lampu hijau buat menyusul maka pengemudi mobil atau pengendara motor perlu menghitung kecepatan untuk menyalip.

“Itu yang terjadi di jalan raya selama ini, blind spot truk besar sedangkan jalan sempit sehingga kita sulit mendahului,” ujar Sony

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat