vadakkuvaasal.com

Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Tol JORR 2 Tersambung Penuh 111 Km

Pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung telah rampung dan akhirnya diresmikan oleh Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.
Lihat Foto

JAKARTA, – Pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung telah rampung dan akhirnya diresmikan oleh Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Jalan tol ini merupakan bagian dari JORR 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek,” ujar Wapres Ma'ruf Amin, dalam keterangan resmi, Selasa (9/7/2024).

“Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari Bogor ke Bekasi menjadi hanya 30-45 menit yang sebelumnya 1-2 jam jika lewat jalan arteri," kata dia.

Baca juga: Dipakai Harian, Segini Rata-rata Konsumsi BBM Jimny 5 Pintu

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa sore (9/7/2024) sore.BPMI - Setwapres RI Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa sore (9/7/2024) sore.

Ma'ruf Amin berharap terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan jaringan jalan tol Jabodetabek lainnya dapat meningkatkan konektivitas antar kawasan sehingga mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan Jabodetabek.

"Pastikan keberadaan jalan tol ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Implementasikan prinsip lingkungan, sosial dan tata kelola serta optimalkan prinsip keberlanjutan dalam pengelolaan jalan tol ini,” ucap Ma’ruf Amin.

Untuk diketahui, jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km adalah bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melintasi 4 wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Kecelakaan Tunggal di Tol Batang, Mobil sampai Terbalik di Lajur Kanan

Jalan tol yang dibangun sejak 2016 dengan nilai investasi Rp 10,6 triliun ini terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis–Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya–Cibitung. Seksi 2 terbagi dalam Seksi 2A Jatikarya–Cikeas dan seksi 2B Cikeas–Cibitung.

Seksi 1 dan Seksi 2A sepanjang 6,5 km sudah beroperasi masing-masing sejak 2020 dan 2023, sementara Seksi 2B sepanjang 19,7 km yang diresmikan hari ini menjadi seksi terakhir yang akan segera dioperasikan.

Setelah pengoperasian seksi terakhir Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, JORR 2 akhirnya telah utuh tersambung dengan panjang total 111 km.

Baca juga: Kenapa Setelah Ganti Kaki-kaki, Setir Mobil Jadi Lebih Kaku?

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak-CibitungBPJT Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak-Cibitung

Di mana ruas-ruas lainnya dari Cengkareng - Kunciran - Serpong - Cinere - Jagorawi - Cimanggis lalu Cibitung - Cilincing sebelumnya sudah beroperasi sepanjang 91,3 km.

"JORR 2 akhirnya lengkap tersambung mulai dari Cengkareng hingga Cilincing. Kalau dari barat mau ke timur, tidak perlu masuk Jakarta dulu, bisa lewat tol ini saja langsung ke Cikampek. Jadi mengurangi kemacetan di dalam kota Jakarta," kata Menteri Basuki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat