vadakkuvaasal.com

Jangan Terbiasa Mengebut, Cuma Memicu Ancaman Nyata Saat Berkendara

Kecelakaan lalu lintas parah salah sebabnya karena overspeed.
Lihat Foto

JAKARTA, - Kebiasaan mengebut atau berkendara dengan kecepatan berlebih merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas di seluruh dunia.

Menurut data dari World Health Organization (WHO), sekitar 1,35 juta orang meninggal setiap tahun akibat kecelakaan lalu lintas, dan sebagian besar kecelakaan tersebut disebabkan oleh perilaku mengebut alias overspeed.

Berkendara dengan kecepatan tinggi tidak hanya membahayakan pengemudi tetapi juga pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Video Wanita Berkendara Motor Sambil Berdiri, Nyaris Tersenggol Truk

"Hindari koreksi setir berlebihan, overspeed, berpindah-pindah lajur, dan mengemudi dengan satu tangan," kata Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) kepada , Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, saat kendaraan melaju melebihi batas kecepatan yang ditetapkan, kemampuan untuk mengendalikan kendaraan berkurang drastis.

Imbasnya, reaksi terhadap situasi mendadak, seperti kemunculan pejalan kaki atau kendaraan lain, menjadi lebih lambat dan sulit diantisipasi, meningkatkan risiko terjadinya tabrakan.

Selain itu, ia juga mengingatkan terkait kondisi jalan yang tidak selalu mulus dan stabil akan menambah bahaya ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.

Ilustrasi jalan tol yang rusak.Jasa Marga Ilustrasi jalan tol yang rusak.

"Lubang, tikungan tajam, dan perubahan permukaan jalan bisa menyebabkan kendaraan kehilangan kendali," katanya.

Untuk mengurangi risiko kecelakaan, pengemudi harus selalu mematuhi batas kecepatan yang telah ditetapkan dan menjaga fokus penuh saat berada di belakang kemudi.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Rata-rata Konsumsi BBM Jimny 5 Pintu | Kecelakaan Tunggal di Tol Batang | Membandingkan Biaya Kepemilikan Mobil Bekas dan Mobil Baru

Mengemudi dengan dua tangan di setir juga sangat disarankan untuk memastikan kontrol maksimal atas kendaraan.

Dengan kesadaran dan disiplin yang tinggi, kita semua dapat berkontribusi dalam menciptakan jalan raya yang lebih aman bagi semua pengguna.

Kecepatan bukanlah segalanya. keselamatan adalah prioritas utama yang harus dijaga setiap saat.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat