vadakkuvaasal.com

Jajal Yamaha Nmax Turbo buat Harian, Konsumsi BBM Tembus 40 Kpl

Test ride Yamaha Nmax Turbo
Lihat Foto

JAKARTA, – Yamaha Nmax Turbo yang baru meluncur dibekali dengan mesin 155 cc generasi ketiga dengan pembaruan di sektor CVT, yang mengusung teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission).

Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal sekitar 11,3 kW atau setara 15,1 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm, naik dari sebelumnya 13,9 Nm pada rpm yang sama.

Dengan performa yang meningkat, bagaimana dengan konsumsi BBM Nmax Turbo?

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang Arah Jakarta Libatkan 10 Kendaraan

Test ride Yamaha Nmax Turbo/DIO DANANJAYA Test ride Yamaha Nmax Turbo

Untuk mengetahui hasilnya, sengaja motor diajak berkendara melewati rute dari kawasan Citayam di Kabupaten Bogor menuju Palmerah di Jakarta Barat.

Sengaja motor diajak berkendara melewati rute yang lengang dan sibuk pada hari kerja. Selain itu, karakter pengendara juga normal saja, tidak agresif tapi juga tidak santai.

Pada kali ini metode full to full dipilih agar bisa menggambarkan pemakaian sehari-hari. Maka dari itu, sebelumnya motor diisi dengan BBM RON 92 sampai penuh.

Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Tol JORR 2 Tersambung Penuh 111 Km

Setelah menempuh jarak hingga 65 Km pada layar MID, atau setara perjalanan PP Citayam-Jakarta, penunjuk BBM mengisyaratkan untuk mengisi lagi.

Sebanyak 1,61 liter BBM pun diisi ke tangki Nmax Turbo yang berkapasitas maksimal 7,1 liter. Di mana ukurannya cukup besar buat motor berkapasitas murni 155,09 cc.

Dengan membagi jarak tempuh (65 Km) dengan jumlah pengisian BBM pada pengisian kedua (1,61 liter), maka konsumsi BBM rata-rata Nmax Turbo lewat metode full to full menghasilkan 40,3 Km per liter.

Baca juga: Suzuki Berhenti Jualan Ignis di Indonesia, Diganti Fronx?

Tombol Y-Shift di saklar sebelah kiri Nmax Turbo, fitur yang bisa mengubah karakter motor dengan seketika./ADITYO WISNU Tombol Y-Shift di saklar sebelah kiri Nmax Turbo, fitur yang bisa mengubah karakter motor dengan seketika.

Sebagai informasi, hasil tersebut juga didapat dengan mengaktifkan fitur S-Mode dan Y-Shift saat ingin menyalip atau ingin mendapatkan efek engine brake.

Dengan gaya berkendara tersebut, hasil konsumsi BBM di layar MID menghasilkan 39,1 km per liter, atau selisih 1,2 km per liter dengan metode full to full.

Sementara itu, redaksi juga menjajal Nmax Turbo dengan gaya berkendara Eco Riding, serta hanya menggunakan T-Mode dan tanpa memakai Y-Shift.

Hasilnya konsumsi BBM rata-rata berdasarkan perhitungan MID bisa lebih irit mencapai 41,4 km per liter.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat