vadakkuvaasal.com

Cara Aktifkan Mode Manual pada Transmisi Mobil Matik di Pegunungan

Ilustrasi mengemudi di jalan pegunungan.
Lihat Foto

JAKARTA, - Mengemudi di jalan pegunungan dengan mobil matik memerlukan keterampilan khusus dan pemahaman yang baik tentang teknik mengemudi yang aman. Jalanan yang berkelok-kelok, tanjakan dan turunan yang curam, serta kondisi jalan yang sering kali tidak menentu menambah tantangan tersendiri bagi pengemudi.

Setiap pengemudi mesti memahami karakteristik mobil matik dan bagaimana mengendalikannya dalam berbagai situasi di jalan pegunungan.

"Pengemudi harus bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada mobil matik, seperti mode transmisi manual yang memungkinkan perpindahan gigi secara manual untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik saat menanjak atau menurun," kata Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia kepada , Rabu (10/7/2024).

Baca juga: Strategi Kemenperin Agar Penjualan Mobil Keluar dari Jebakan 1 Juta Unit

Dengan mode ini, pengemudi dapat mengurangi risiko mesin bekerja terlalu keras atau kendaraan kehilangan tenaga di tanjakan curam.

Saat menghadapi turunan, penting untuk menghindari penggunaan rem secara terus-menerus karena dapat menyebabkan rem panas dan kehilangan efektivitas.

Sebaliknya, manfaatkan engine brake dengan menurunkan gigi untuk membantu mengontrol kecepatan kendaraan. Hal ini juga membantu mencegah kerusakan pada sistem pengereman akibat panas berlebih.

Ilustrasi menggunakan mode transmisi manual.shutterstock Ilustrasi menggunakan mode transmisi manual.

Konsentrasi penuh dan kewaspadaan tinggi sangat diperlukan saat mengemudi di jalan pegunungan. Kondisi jalan yang sering kali berliku dan sempit memerlukan respons cepat dan presisi dalam mengendalikan kendaraan.

"Mengemudi di pegunungan menuntut pengemudi untuk selalu waspada terhadap kondisi sekitar, termasuk kemungkinan adanya hewan liar atau kendaraan lain yang muncul tiba-tiba dari tikungan," ujar Sony.

Baca juga: Tanpa Kenaikan, FIF Pertahankan Target Kredit Motor Seperti Tahun Lalu

Kondisi kendaraan juga harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan di daerah pegunungan. Pastikan semua komponen penting, seperti rem, transmisi, dan ban, dalam kondisi baik. Pemeriksaan rutin dan perawatan kendaraan dapat membantu menghindari masalah teknis yang bisa terjadi di tengah perjalanan.

Dengan memahami dan menerapkan teknik mengemudi yang tepat, serta memastikan kendaraan dalam kondisi prima, pengemudi dapat menghadapi tantangan jalan pegunungan dengan lebih percaya diri dan aman. Hal ini tidak hanya membantu menjaga keselamatan diri sendiri, tetapi juga pengguna jalan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat