vadakkuvaasal.com

Komparasi Yamaha Nmax dari Generasi Pertama Sampai Nmax Turbo

Yamaha NMAX tiga generasi
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Nmax terbaru di pertengahan Juni 2024. Nmax terbaru ini resmi jadi generasi ketiga, setelah yang awal muncul di 2015 dan kedua di 2019.

pun mengumpulkan ketiga generasi Nmax tersebut buat dilihat perbedaannya. Pada tulisan ini, akan dibahas perbedaan Nmax dari segi desain, mesin, sampai fitur.

Desain Nmax

Sejak awal diluncurkan di 2015, Nmax memang jadi skutik bongsor buat bersaing dengan Honda PCX yang waktu itu masih diimpor dari Thailand. Desain Nmax generasi pertama terbilang kalem dan ternyata cocok buat jadi produk global, bahkan sampai diimpor ke berbagai negara.

Pilihan pelek 13 inci juga jadi hal yang unik, membuat desain motor kelihatan besar. Soal perlampuan, lampu utama ukurannya besar, sudah LED dan ada lampu senja yang bohlam berwarna kuning.

Sedangkan lampu sein, dipasang terpisah. Jadi desain lampu seinnya itu ada di tepi bodi depan dan masih pakai bohlam. Buat lampu belakangnya kotak saja simpel berukuran besar, ada lampu rem, lampu malam, dan sein.

Baca juga: Buat GIIAS 2024, Karoseri Laksana Sosialisasi Soal Keselamatan


Kemudian di bagian instrumen klaster, menggunakan speedometer digital yang bentuknya oval. Berbagai informasi disematkan, dari kecepatan, bensin, odo, trip, waktu buat ganti oli, dan v-belt.

Beralih ke desain Yamaha Nmax generasi kedua, secara keseluruhan memang kelihatan tidak beda jauh. Ubahannya simpel, tapi ternyata cukup banyak juga yang diganti.

Misal di depan, model lampu utamanya berubah, jadi lebih pipih. Begitu juga dengan posisi lampu sein yang dibikin lebih rendah, dekat dengan posisi dek kaki bagian yang selonjoran.

Baca juga: Jajal Yamaha Nmax Turbo buat Harian, Konsumsi BBM Tembus 40 Kpl 

Yamaha NMAX tiga generasi/FATHAN Yamaha NMAX tiga generasi

Begitu juga di belakang, lampu kombinasinya sudah tidak kotak lagi bentuknya. Bisa dibilang jadi lebih kecil dan bentuknya seperti segitiga.

Lalu ubahannya di generasi kedua ada di bagian klaster instrumen. Masih dull digital tapi bentuknya sekarang kotak, tombol yang tadinya ada di tepi speedometer, dipindah ke sisi kiri setang.

Pada bagian pelek dan knalpot, sebenarnya masih memakai ukuran yang sama. Cuma di generasi kedua desainnya ada yang diubah sedikit.

Yamaha NMAX tiga generasi/FATHAN Yamaha NMAX tiga generasi

Sedangkan buat Nmax Turbo, bisa dibilang paling banyak ubahannya secara desain. Nmax terbaru ini punya tampilan yang mengarah ke saudara besarnya, Xmax.

Misal dari lampu, kini semua komponen sudah full LED dan menyatu. Bentuknya seperti huruf M, ada DRL, serta dua proyektor buat lampu utamanya, serta lampu sein yang sudah tidak lagi terpisah lagi posisinya.

Bodi di Nmax Turbo pun kelihatan lebih lebar kalau dibandingkan dengan Nmax generasi sebelumnya. Kemudian buat lampu belakangnya, malah jadi lebih kecil dan terpisah-pisah, ada lampu rem kanan dan kiri, begitu juga seinnya.

Tampilan layar instrumen Nmax Turbo/ADITYO WISNU Tampilan layar instrumen Nmax Turbo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat