vadakkuvaasal.com

Apakah Mobil Bekas Sudah Turun Mesin Masih Layak Dibeli?

Ilustrasi mobil bekas.
Lihat Foto

JAKARTA, - Membeli mobil bekas sering menjadi pilihan menarik bagi banyak konsumen yang ingin mendapatkan kendaraan dengan harga lebih ekonomis. Namun, ketika berbicara tentang mobil bekas yang pernah mengalami turun mesin, calon pembeli kerap ragu.

Pertanyaan mengenai kelayakan mobil dengan kondisi ini menjadi krusial, mengingat mesin adalah komponen vital yang menentukan performa dan ketahanan kendaraan.

Mobil yang telah mengalami turun mesin biasanya menunjukkan bahwa ada masalah serius pada mesin yang memerlukan perbaikan signifikan.

Proses turun mesin melibatkan pembukaan mesin untuk memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak.

Baca juga: Habis Rp 2 M, Ini Ubahan Lexus LX 570 Julian Johan Untuk AXCR 2024

Meski mobil sudah diperbaiki, kondisi ini tetap memunculkan kekhawatiran tentang kondisi jangka panjang kendaraan tersebut.

"Membeli mobil bekas yang sudah pernah turun mesin memang harus ekstra hati-hati," kata Sodikin, pemilik bengkel mobil Sejahtera di Jakarta Barat kepada , Kamis (11/7/2024).

Ilustrasi mesin mobil.Ilham Karim/ Ilustrasi mesin mobil.

Ia juga menekankan pentingnya mengecek hasil perbaikan melalui uji jalan dan mendengarkan suara mesin.

"Kalau suara mesin terdengar halus dan tidak ada getaran yang aneh, serta performa mobil tetap baik, mobil tersebut masih bisa dipertimbangkan. Jadi, calon pembeli mesti cek seteliti mungkin," ujarnya.

Selain itu, memeriksa dokumen perawatan dan perbaikan sangat penting. Adanya riwayat perbaikan yang rinci dapat memberikan gambaran tentang bagaimana kendaraan tersebut dirawat oleh pemilik sebelumnya.

Memeriksa mobil di bengkel terpercaya sebelum memutuskan untuk membeli juga merupakan langkah bijak untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

Baca juga: Buat GIIAS 2024, Karoseri Laksana Sosialisasi Soal Keselamatan

Dengan demikian, meskipun mobil bekas yang pernah turun mesin bisa menjadi opsi, diperlukan kehati-hatian ekstra.

Melalui pemeriksaan teliti dan informasi yang lengkap, calon pembeli dapat membuat keputusan yang lebih aman dan menghindari potensi masalah di masa mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat