vadakkuvaasal.com

Wanita Ini Histeris Mobilnya Senggolan dengan Truk, Diduga Masuk Blindspot

Viral, video mobil senggolan dengan truk tronton di tol BSD
Lihat Foto

JAKARTA, - Viral di media sosial curhatan seorang pengemudi wanita usai mengalami kecelakaan di Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) arah BSD, pada Kamis (21/9/2023).

Dalam video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama Selvia, terlihat mobil berwarna abu-abu mengalami rusak di bagian pintu pengemudi dan penumpang usai terlibat senggolan dengan truk tronton.

Pemilik kendaraan pun menangis histeris melihat bagian kiri mobilnya yang rusak parah.

“Mobil aku kecelakaan, mobil aku rusak di tabrak tronton,” ucap wanita tersebut.

Pada narasi tersebut juga dijelaskan bahwa sopir truk tidak mau bertanggung jawab terkait kecelakaan yang menimpa pengemudi wanita itu. Bahkan pengemudi mobil itu sempat terlibat cekcok dengan kenek truk.

Baca juga: Komunitas Calya Rayakan Anniversary ke-7

“Lo tanggung jawab juga, ini biar diomongin gimana enaknya. Loh tapi kan gue dari sana mau kesini, lo juga main serobot-serobot saja,” kata wanita tersebut kepada kenek truk.

Sebagian warganet beranggapan bahwa pengemudi wanita itu menyalip truk dari kiri jalan, hal ini terlihat dari posisi mobil yang berada di lajur kiri. Tak sedikit juga dari warganet yang mengatakan bahwa pengemudi wanita itu berada di area blind spot sehingga tidak terlihat oleh sopir truk.

@bukanbunaa Kejadian sore td jam 14.45wib di toll jorr yg pecahan jalan dr BSD, mereka kabur gak ada tanggung jawab dan itikad baik sama sekali ???????? #kecelakaantol #lakalantas #n8405ug #tidaktanggungjawab #kontenerkabur #viralkecelakaan #fyp ? suara asli - seLvia

“Yang rusak sebelah kanan kaka nyalip dari kiri kah? udah gitu area blind spot itu susah liat trontonnya,” tulis komentar Leo Girl.

“Apa kaka berada di posisi blind spot? karena untuk mobil2 besar seperti tronton dia sulit untuk lihat kendaraan lain kalo ada di blind spot,” tulis akun Thania Khairunnisa.

“Itulah pentingnya menjaga jarak aman bila berdekatan dengan kendaraan besar. Ingat konsep blind spot,” kata akun Rekaman Hati.

Terlepas dari apa penyebab kecelakaan tersebut, pengguna jalan sebaiknya paham jika kendaraan berdimensi besar memiliki blind spot atau titik buta yang besar juga.

“Kalau berdasarkan video sepertinya pengemudi wanita tersebut menggunakan bahu jalan untuk menyusul (truk). Sementara mungkin truk dengan body dan bobot yang besar makan badan jalan sampai ke bahu yang mengakibatkan terjadinya kontak, adanya kendaraan kecil pasti tidak terlihat oleh supir truk karena blindspot,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SCDI) Sony Susmana, kepada , Jumat (22/9/2023).

Blind Spot pada truk hampir berada di seluruh bagiannya.Istimewa Blind Spot pada truk hampir berada di seluruh bagiannya.

Belajar dari kejadian tersebut, menurut Sony ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna mobil saat melaju di jalan tol.

“Masuk dan bergabung ke jalan tol itu harus menaati marka sekalipun terlihat lebar di bahu jalan depannya, jangan terpancing untuk ngegas tapi lihat kondisi lalu lintas dan jaga kecepatan,” kata Sony.

Baca juga: Benelli Tornado 552R Meluncur, Dibanderol Rp 69 Jutaan

Kemudian pengguna mobil disarankan untuk berkendara di dekat kendaraan besar agar tidak masuk ke area blindspot.

“Jaga jarak dengan kendaraan-kendaraan besar, semakin dekat maka akan semakin masuk ke area blind spot truk, dan potensi bersenggolan semakin tinggi,” ucap Sony.

Selain itu, Sony juga mengingatkan bahwa bahu jalan hanya diperuntukkan untuk kendaraan darurat. Adapun penggunaan bahu jalan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Dalam peraturan tersebut, tertulis jelas peruntukkan jalan tol, khususnya pada pasal 41 ayat 2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat