vadakkuvaasal.com

[POPULER OTOMOTIF] Masih Banyak yang Keliru, Ini Perbedaan Transmisi Matik AT dan CVT | Generasi Baru Honda Freed Tampil Lebih Sederhana

Transmisi DCVT Rocky
Lihat Foto

JAKARTA, - Continuously variable transmission (CVT) merupakan salah satu jenis transmisi matik yang banyak dijumpai pada mobil-mobil modern dewasa ini.

Rupanya, antara CVT dan transmisi matik konvensional automatic transmission (AT) memiliki banyak perbedaan meski secara pengoperasiannya hampir sama. Sehingga, hal ini kerap membuat konsumen salah paham.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan transmisi CVT didesain khusus untuk mobil perkotaan sehingga tidak cocok untuk melibas tanjakan.

Selain itu, Honda siap meluncurkan Freed generasi ketiga di Jepang pada Juni 2024 mendatang. Multi purpose vehicle (MPV) pintu geser yang akan segera hadir ini mengadopsi gaya yang terinspirasi dari Step WGN dengan ukuran yang lebih besar.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (10/5/2024), Freed generasi baru tersedia dalam pilihan standar Air dan Crosstar dengan penampilan yang lebih tangguh.

Tak hanya itu, Freed anyar ini juga bakal dibekali mesin berteknologi hibrida. Bicara soal eksterior, Freed generasi baru hadir dengan tampilan yang lebih minimalis.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 11 Mei 2024 :

1. Masih Banyak yang Keliru, Ini Perbedaan Transmisi Matik AT dan CVT

“Khusus transmisi matik CVT sebaiknya tidak dipaksakan untuk melibas tanjakan, karena jika dipaksakan dengan menginjak pedal gas dalam akan berisiko merusak puli dan sabuk bajanya,” ucap Hardi kepada , belum lama ini.

Meski demikian, Hardi mengatakan transmisi CVT lebih unggul dalam hal efisiensi bahan bakar karena sistemnya membuat percepatan selalu menyesuaikan diri dengan lebih akurat.

Baca juga: Masih Banyak yang Keliru, Ini Perbedaan Transmisi Matik AT dan CVT

2. Generasi Baru Honda Freed Tampil Lebih Sederhana

Honda Freed generasi terbaruDoc Carscoops Honda Freed generasi terbaru

Perbedaan paling ketara antara varian Air dan Crosstar ada di bagian depan, di mana standar lebih sederhana dengan garis horisontal, sementara varian Cross lebih gagah dengan gril kotak aksen aluminium.

Baca juga: Generasi Baru Honda Freed Tampil Lebih Sederhana

3. Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Berhenti di Tanjakan

Jalur Ciawi-Tasikmalaya terus Tanjakan Gentong masih macet dan dipadati kendaraan sebelum diberlakukan one way oleh Kepolisian untuk mengurai kemacetan pemudik pada Sabtu (6/4/2024) sore.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Jalur Ciawi-Tasikmalaya terus Tanjakan Gentong masih macet dan dipadati kendaraan sebelum diberlakukan one way oleh Kepolisian untuk mengurai kemacetan pemudik pada Sabtu (6/4/2024) sore.

Ketika berhenti di jalanan menanjak salah satu yang perlu diperhatikan pengemudi mobil matik adalah posisi tuas transmisi. Hal ini mencegah mobil bergerak mundur secara tidak sengaja saat berhenti di jalan tanjakan.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, posisi tuas transmisi saat berhenti di tanjakan bisa disesuaikan sesuai kondisinya, sehingga mobil tidak akan mundur.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Berhenti di Tanjakan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat