vadakkuvaasal.com

Begini Cara Benar Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan

Ilustrasi Motor Menanjak
Lihat Foto

JAKARTA, - Melewati jalan menanjak memang butuh ketrampilan dan kehati-hatian. Apalagi jika menggunakan sepeda motor kopling

Kemampuan mengendalikan kopling dan gas menjadi kunci utama untuk menjaga keseimbangan dan mencegah dari risiko tergelincir. Selain itu, momentum juga sangat dibutuhkan ketika akan melewati jalan menanjak.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika jalan lancar maka bisa dipastikan motor memiliki momentum saat awal melewati tanjakan dan gunakan gigi rendah.

Baca juga: 3 Poin Penting Bagi Pemula yang Mau Turing Motor

Ilustrasi tuas kopling motorStanly/Otomania Ilustrasi tuas kopling motor

“Tangan kiri jangan memegang tuas kopling, kecuali kondisinya berhenti atau jalan di bawah 5 Kpj. Jadi saat buka gas, tarikannya maksimal,” kata Agus kepada belum lama ini.

Jika kondisinya macet, pengendara harus bisa menjaga keseimbangan motor agar tidak jatuh. Caranya dengan kaki kanan menginjak rem belakang untuk menghindari motor mundur.

Baca juga: Menanti Motor Baru Honda CB1000, Jadi Generasi Terakhir


“Saat akan memajukan motor, buka dulu gasnya lalu diikuti dengan kopling secara perlahan. jangan membuka kopling saat gas tertutup dan jangan buka gas secara spontan karena bisa bikin mesin mati mendadak,” kata Agus.

Kemudian, posisikan badan agak membungkuk ke dean supaya kesimbangan beban motor terjaga. Terakhir, jaga pandangan lurus ke depan untuk mengetahui rute yang akan dilewati sehingga meminimalisir penggunaan rem.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat