vadakkuvaasal.com

Alasan Kenapa Suhu Air Radiator Sering Naik Saat Melintas Perbukitan

Toyota Yaris Cross Hybrid ketika melintas di rute menanjak kawasan Bromo
Lihat Foto

KLATEN, - Perjalanan mudik ke kampung halaman akan berpeluang melewati berbagai kondisi medan jalan. Salah satunya adalah tanjakan, khususnya di daerah perbukitan.

Maka dari itu penting memperhatikan faktor penyebab kenaikan suhu air radiator. Jangan sampai mesin mengalami overheat dan menghambat perjalanan Anda!

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan suhu mesin pasti akan naik sampai titik tertentu ketika mobil dipacu dengan beban berat, namun selama sistem pendingin mampu mendinginkan dengan baik maka itu termasuk normal.

Baca juga: Langkah Darurat Saat Radiator Mobil Bocor di Perjalanan

Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheatTangkapan layar Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheat

“Mobil yang melewati tanjakan panjang dan berulang pasti mengalami kenaikan suhu karena beban mesin bertambah, maka dari itu penting memperhatikan barang bawaan jangan sampai berlebih dan kesehatan sistem pendingin mesin,” ucap Ibrohim kepada , beberapa waktu lalu.

Ibrohim mengatakan dengan beban muatan mobil tidak berlebih diharapkan mesin bekerja lebih ringan sehingga risiko mengalami overheat kecil.

Beban mesin bertolak belakang dengan kemampuan sistem pendingin mesin, sehingga ketika sistem pendingin mesin baik maka kenaikan suhu saat mobil melibas tanjakan tetap dapat dikendalikan menurut Ibrohim.

Baca juga: Radiator Mobil Bocor Tidak Melulu Harus Ganti Baru

Ilustrasi perawatan radiator mobil/Aditya Maulana Ilustrasi perawatan radiator mobil

“Bila sistem pendingin tidak dapat bekerja dengan baik, maka risikonya mesin mengalami overheat, tapi bila sistem baik maka mobil yang menanjak hanya akan mengalami kenaikan suhu pada batas tertentu saja dan setelah itu turun lagi,” ucap Ibrohim.

Maka dari itu, Ibrohim mengimbau agar pemudik memperhatikan barang bawaan ketika perjalanan mengharuskan melewati jalan yang banyak tanjakannya. Selain itu, penting juga memastikan sistem pendingin mesin dalam kondisi prima.

Baca juga: Apa Gunanya Telur Mentah Dimasukkan ke Dalam Radiator Mobil?


 

“Kipas radiator wajib dapat berputar maksimal, cairan radiator pakai coolant yang berkualitas, tidak ada kebocoran di saluran air radiator sehingga air selalu dalam kondisi cukup, radiator dan tutupnya juga harus sehat,” ucap Ibrohim.

Dengan sistem pendingin yang sehat, maka diharapkan kenaikan suhu ketika mobil melewati tanjakan dapat teratasi, sehingga perjalanan menjadi lancar dan nyaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat