vadakkuvaasal.com

Jajal Wuling Cloud EV di Jalan Raya, Mudah Aplikasikan Fitur

Test drive Wuling Cloud EV
Lihat Foto

JAKARTA, - Wuling Motors masih menahan untuk mengumumkan harga Cloud EV. Namun, mobil listrik tersebut sudah dipamerkan dan bisa dites langsung juga.

Selain dipamerkan pada pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, Wuling Motors juga mengajak media untuk mencoba Cloud EV langsung di jalan raya.

Sesi tes digelar di DoubleTree by Hilton Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/5/2024). Redaksi sebelumnya sudah mengulas soal sensasi berkendara Cloud EV di area test drive PEVS 2024.

Baca juga: Ini Alasan Wuling Enggan Sematkan Sunroof pada Cloud EV

Untuk pengetesan kali ini, redaksi lebih fokus dalam mengoperasikan fitur-fitur yang ada pada Cloud EV. Pasalnya, semua fitur-fitur yang disematkan pada mobil listrik ini pengaplikasiannya melalui head unit model floating berukuran 15,6 inci.

Test drive Wuling Cloud EV/Adityo Test drive Wuling Cloud EV

Termasuk pengoperasian mode berkendara, di mana ada empat mode, yakni Eco+, Eco, Normal, dan Sport. Termasuk dengan pengoperasian AC, pengaturan spion, Autohold, Electronic Stability Control (ESC), dan lainnya.

Wuling melimpahkan semua fitur atau fungsi pada head unit. Jadi, benar-benar minim kehadiran tombol fisik.

Secara estetika, interior mobil jadi terlihat lebih "bersih". Tapi, kekurangannya adalah pengoperasian melalui head unit saat sedang berkendara bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Sebab, konsentrasi dan fokus menjadi terpecah, meskipun hanya sepersekian detik.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Wuling Cloud EV Hanya Tersedia Satu Varian

Namun, Wuling juga mengantisipasi hal tersebut dengan mengaplikasikan teknologi perintah suara berbahasa Indonesia, yakni Wuling Indonesian Command (Wind). Jadi, pengendara tidak perlu memecah konsentrasi ke head unit, cukup menyebutkan kata kunci "Halo Wuling" untuk menggunakan fitur Wind.

Test drive Wuling Cloud EV/Adityo Test drive Wuling Cloud EV

Secara keseluruhan, Cloud EV memberikan kesan mobil listrik yang canggih dengan melimpahkan banyak fitur pada head unit. Selain itu, mobil ini juga dibantu dengan fitur perintah suara Wind yang menambah nilai jual.

Terkait performa, Cloud EV memiliki torsi yang cukup bertenaga. Saat dibawa bermanuver di jalan raya juga cukup lincah, setirnya terasa ringan. Untuk dipakai harian di dalam perkotaan, mobil listrik ini dirasa bisa mengakomodasi semua kebutuhan.

Selain mode berkendara, fitur menarik lainnya adalah Brake Pedal Feel. Fitur ini mengatur sensitivitas dari pedal rem. Pengaturan rem regeneratif atau Energy Recovery Mode juga bisa diatur tingkat kekuatannya.

Test drive Wuling Cloud EV/Adityo Test drive Wuling Cloud EV

Soal suspensi, bagian depan terasa sedikit kaku. Tapi, tidak sampai mengganggu kenyamanan pengendara maupun penumpang yang ada di belakang. Pasalnya, Wuling memberikan jok yang sangat empuk.

Meskipun terasa sedikit kaku, tapi suspensi dengan karakter seperti ini membantu mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Sehingga, Cloud EV jadi terasa lebih stabil.

Wuling Motors baru akan mengumumkan harga resmi dari Cloud EV pada pertengahan Mei 2024. Jika penasaran ingin mencoba mobil listrik ini secara langsung, bisa menyambangi PEVS 2024 yang masih akan digelar sampai Minggu, 5 Mei 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat