vadakkuvaasal.com

Ini Alasan Wuling Enggan Sematkan Sunroof pada Cloud EV

Wuling Cloud EV
Lihat Foto

JAKARTA, - Wuling Motors menambah satu model pada jajaran mobil listriknya dengan menghadirkan Cloud EV untuk pasar Indonesia.

Meski tampilannya cukup mewah dan terlihat lebih elegan, namun mobil listrik ini belum memiliki sunroof.

Beda dengan Alvez yang dibanderol mulai Rp 214 juta hingga Rp 300 juta. SUV tersebut sudah memiliki sunroof. Sementara Cloud EV, prediksi harganya ada di kisaran Rp 410 jutaan.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Wuling Cloud EV Hanya Tersedia Satu Varian

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan, alasan Wuling tidak menyematkan sunroof karena menyesuaikan dengan harga.

Menurut Danang, Wuling memang ingin membuat Cloud EV masih memiliki harga yang kompetitif.

Wuling Cloud EV/FATHAN Wuling Cloud EV

"Tapi, secara fungsional bisa tetap diterima untuk pasar Indonesia yang mayoritas," ujar Danang, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

"Ini sifatnya opini, setahu saya, harga persepsinya memang masih cukup tinggi di Indonesia. Jadi, bisa dari harga transaksinya mobil yang dengan sunroof dan tanpa sunroof, itu selisihnya bisa bertambah hingga Rp 8 jutaan hingga Rp 10 jutaan," kata Danang.

Baca juga: Kencan Singkat Wuling Cloud EV, Terasa Plus Minusnya

Danang menjelaskan, kisaran harga tersebut merupakan harga persepsi dari survei ke konsumen langsung.

Jadi, konsumen akan dikasih lihat satu mobil tanpa sunroof dan disebutkan harganya Rp 100 juta.

Wuling Cloud EV/Adityo Wuling Cloud EV

"Lalu, kita tanya ke responden, misalnya ditambahkan sunroof, tapi harganya tambah Rp 15 juta, apakah masih mau dibeli? Kemudian, responden menjawab, kalau Rp 15 juta masih terlalu mahal. Kita turunkan jadi Rp 10 juta, kemudian responden terima dengan kenaikan harga tersebut," ujar Danang.

"Jadi, harga persepsi yang kita dapatkan untuk penambahan nilai untuk sunroof itu berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 10 juta," kata Danang.

Menurutnya, harga Rp 10 juta untuk satu fitur pada mobil terlalu mahal untuk harga yang dibebankan ke konsumen.

Namun demikian, bukan tidak mungkin konsumen memodifikasinya sendiri dan menambahkan sunroof. Pada bagian plafon juga polos, karena AC untuk baris kedua sudah ditempatkan di bagian bawah, tepatnya di konsol tengah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat