vadakkuvaasal.com

Sejarah Asal Mula Nama Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQS Edition 1
Lihat Foto


JAKARTA, - Siapa yang tidak tahu Mercedes-Benz, merek mobil asal Jerman yang sering jadi tolok ukur kemapanan di Indonesia. Nama Mercedes-Benz lekat dengan citra mobil elegan.

Mercedes-Benz merupakan merek yang diproduksi oleh Daimler AG. Selama puluhan tahun merek ini sukses menjadi perusahaan otomotif di bidang pengembangan inovasi mobil, truk dan juga bus.

Baca juga: Bakal Terjadi Kepadatan, Dishub DIY Ingatkan Jangan Parkir Liar

Sejarah Mercedes-Benz dapat ditelusuri dari dua perusahaan yang berbeda, yaitu Daimler Motoren Gesellschaft yang didirikan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach pada 1882 di Cannstatt, Stuttgart. Serta Benz & Company Rheinische Gasmotoren-Fabriek (Benz & Cie) yang didirikan Karl Friedrich Benz pada 1883 di Mannheim, Jerman.

Kedua perusahaan ini merger usai kesulitan ekonomi yang dialami Jerman usai Perang Dunia 1 (1914-1918).

Daimler Motoren Gesellschaft dan Benz & Cie kemudian bergabung pada 1926 menjadi Daimler Benz AG, dan mobil-mobil produksinya menggunakan merek Mercedes-Benz.

Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance./Donny Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.

Asal Mula Nama Mecerdes

Sejarah mencatat nama Mercedes lahir sebelum nama Mercedes-Benz dipakai. Nama Mercedes merupakan nama putri pengusaha asal Austria, Emil Jelinek, yang bermukim di Nice, Perancis.

Jelinek yang merupakan pengusaha kaya suka ikut balap mobil di zamannya. Saat itu dia mencari mobil yang bisa dipacu kencang karena ingin ikut balap mobil yang diadakan dari Paris ke Rouen berjarak 128 kilometer.

Dilansir dari buku, Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran di Negeri Ini karya James Luhulima, balap mobil dari Paris ke Rouen sendiri pertama kali diselenggarakan oleh surat kabar Le Petit Journal pada 1894.

Untuk mengikuti lomba tersebut Jelinek pergi ke Cannstatt, Jerman untuk membeli mobil keluaran Daimler. Dia tertarik dengan mobil tersebut setelah melihat iklan yang dibuat Daimler pada 1896.

Baca juga: Modifikasi Tesla Cybertruck, Ceper Pakai Wide Body

BJ Habibie memiliki Mercedes-Benz 300SL GullwingTopspeed BJ Habibie memiliki Mercedes-Benz 300SL Gullwing

Namun karena kesibukannya dia, baru bisa pergi ke Cannstatt pada 1897 atau satu tahun setelah dia melihat iklan mobil tersebut pertama kali.

Tak tanggung-tanggung, dia bertemu langsung dengan punggawa Daimler yaitu Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dan membeli mobil Daimler yang bisa menghasilkan tenaga 6 PK dan melaju hingga 38,4 kilometer.

Tahun berikutnya, pada 1898, Jellinek mengirimkan surat untuk memesan empat mobil lagi. Namun dia memberikan syarat bahwa mobil itu harus bisa dipacu hingga tembus kecepatan 40 Km per jam.

Daimler pun menyangupi permintaan Jellinek. Namun tak lama setelah keempat mobilnya datang, Jellinek kembali mengirim surat kepada Daimler minta posisi mesinnya diubah.

"Kecepatan 40 kilometer per jam dapat dicapai tanpa kesulitan, tapi saya tidak menyukai posisi (letak) mesinya. Mesin itu menggantikan peran kuda, karena itu, mesin seharusnya terletak di depan, bukan belakang," tulis Jellinek, dikutip dari buku, Senin (11/12/2023).

Baca juga: Kawasaki W175 Street Pakai Pelek Alloy Meluncur, Harganya Rp 25,2 Juta

Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupevia Man of Many Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat