vadakkuvaasal.com

Motor Injeksi Masih Butuh Ritual Memanaskan Mesin?

Aksesori All New Honda BeAT
Lihat Foto

JAKARTA, - Kebiasaan memanaskan mesin sepeda motor memang sudah lama dilakukan. Namun, apakah ritual tersebut masih dibutuhkan untuk motor dengan sistem injeksi, sampai saat ini masih jadi pro dan kontra.

Sebagian ada yang bilang sudah tak dibutuhkan, tapi tak sedikit juga yang menganggap memanaskan mesin motor sebelum digunakan tetap perlu dilakukan.

Lantas mana yang benar?

Menjawab hal ini, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi mengatakan, memanaskan mesin motor injeksi punya manfaat tersendiri, apalagi bila lama tak digunakan.

Baca juga: Benarkah Aki MF Bebas Perawatan?

Honda Stylo 160/Adityo Honda Stylo 160

"Memanaskan mesin motor injeksi setelah lama tidak digunakan punya manfaat, yakni membuat oli mesin bersirkulasi sebelum motor digunakan," tulis Wahyu dari situs resmi Wahana, Selasa (11/6/2024).

Selain itu, ketika memanaskan mesin motor injeksi, pemilik tak perlu memainkan gas atau menggeber, tapi biarkan dalam kondisi idle.

Terkait masalah durasi atau waktu ideal berapa lama memanaskan mesin, Wahyu menjelaskan cukup satu sampai lima menit.

Baca juga: Kawasaki Siapkan Tiga Motor Baru di Jakarta Fair 2024

All New Honda Stylo 160 dan Vario 160/ADITYO All New Honda Stylo 160 dan Vario 160

"Saat dipanaskan, mesin motor dalam kondisi langsam atau idle dan tidak digeber-geber. Cukup satu sampai lima menit. Jika terlalu lama dipanaskan, bakal percuma juga karena bensin akan terbuang sia-sia," kata Wahyu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat