vadakkuvaasal.com

Perawatan Paling Penting di Motor Listrik Alva, Cek Baterai

Alva One XP
Lihat Foto

JAKARTA, - Sepeda motor listrik Alva perlu dilakukan perawatan. Saran dari pabrikan, servis dilakukan per 1.000 Km, lalu 5.000 Km, 10.000 Km dan kelipatan 5.000.

Masykur, Product Planning Advisor Alva mengatakan, sebelum sampai waktunya servis, biasa ada notifikasi yang mengingatkan pengendara.

Lalu ketika diservis, komponen yang paling penting diperiksa adalah baterai. Motor langsung dipindai, dicek berapa persen kesehatannya setelah digunakan.

Baca juga: Alva: kalau Dinamo Motor Listrik Bermasalah, Surat-surat Diganti Baru

Kondisi baterai dan jarak tempuh dari Alva Cervo/FATHAN RADITYASANI Kondisi baterai dan jarak tempuh dari Alva Cervo

"Nanti tahu baterai masih bagus atau perlu ada perbaikan. Utamanya itu, karena motor listrik enggak ada ganti busi, oli. Kemudian dicek fungsi kelistrikan yang lain secara umum," ucap Masykur di Bintaro belum lama ini.

Soal kesehatan baterai, Masykur memberi saran kalau komponen tersebut sensitif terhadap panas. Biar kesehatannya baik dalam waktu lama, perlu ada kebiasaan yang dilakukan pemilik saat menggunakan motornya.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Wajib Perhatikan Spesifikasi Saat Menambah Minyak Rem


"Kalau sering pakai sampai di bawah 20 persen, suhu baterai panas banget. Kemudian kita isi tiga sampai empat jam, itu (baterai) lebih panas lagi," kata Masykur.

Jadi sarannya, motor listrik jangan sampai dipakai sampai di bawah 20 persen. Jadi saat digunakan tidak lama, begitu juga kalau mengecas tidak terlalu lama, baterai jadi tidak kepanasan dan awet.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat