vadakkuvaasal.com

Vinales Menang dan Cetak Banyak Rekor pada MotoGP Amerika 2024

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - Maverick Vinales berhasil menang sempurna pada MotoGP Amerika 2024 yang digelar di Sirkuit Austin, Texas. Selain meraih kemenangan pada sprint race dan balapan utama, Vinales juga mencetak banyak rekor pada seri kali ini.

Rekor pertama dicetak oleh Vinales pada sesi kualifikasi. Pebalap tim pabrikan Aprilia ini berhasil mencatatkan waktu tercepat 2 menit 0,864 detik.

Baca juga: Marc Marquez Raih Podium di Sprint Race MotoGP Amerika 2024

Catatan waktu tersebut menjadi rekor tercepat saat ini di Sirkuit Austin. Dengan hasil tersebut, Vinales otomatis mengamankan pole position.

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. Maverick Vinales Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

Selanjutnya, Vinales juga berhasil mencatatkan kemenangan pada sprint race. Namun, berdasarkan catatan resmi MotoGP, rekor hanya diambil dari kemenangan pada balapan utama. Vinales juga mencatatkan kemenangan pertama Aprilia di sirkuit ini.

Pada era MotoGP, hanya Vinales pebalap yang sejauh ini meraih kemenangan dengan tiga pabrikan berbeda, yakni Suzuki, Yamaha, dan Aprilia.

Hebatnya lagi, Vinales sempat merosot hingga posisi kesebalas. Tapi, dia bisa dengan cepat memperbaiki posisinya.

Baca juga: Marquez Anggap Ancaman dari Acosta Normal

"Saya merasa berada di kota Gotham. Saya katakan kemarin bahwa saya bermimpi dan kami harus percaya, kami harus memiliki percaya diri," ujar Vinales, dikutip dari Crash.net, Senin (15/4/2024).

Maverick Vinales meraih waktu tercepat pada FP1 MotoGP Amerika 2024Screenshot Twitter @motogp Maverick Vinales meraih waktu tercepat pada FP1 MotoGP Amerika 2024

"Tentu saja, menutup akhir pekan ini memberikan banyak dorongan untuk terus bekerja keras. Ini tidak mudah dan saya menghabiskan banyak malam yang panjang untuk memikirkan dan memikirkan apa yang harus saya lakukan untuk kembali memenangkan balapan," kata Vinales.

Vinales mengakui bahwa ia mengalami masalah kecil dengan kopling di awal, sesuatu yang dikhawatirkan oleh para teknisi. Dia mengatakan, para teknisi sampai tidak berani menyentuh apa pun untuk menghindari terjadinya masalah seperti seri sebelumnya.

"Sejujurnya, Anda tidak pernah melihat hal itu, tetapi ketika Anda melihatnya, itu sangat istimewa. Tidak banyak pebalap yang bisa melakukan hal seperti itu. Untuk mencapai puncak bersama Aprilia; saya tidak tahu, saya pikir itu adalah mimpi," ujarnya.

"Ini tidak sama dengan ketika Anda pergi ke tim yang sudah menang dan Anda tahu bahwa motornya fantastis. Kami tiba di Aprilia bersama Aleix (Espargaro), membantu mengembangkan motor. Aleix meraih dua kemenangan dan kemudian kami meninggalkan motor yang bagus dan saya mengambil langkah selanjutnya. Ini sangat fantastis. Saya harus berterima kasih kepada Aleix untuk pekerjaan yang dia lakukan dan Aprilia," kata Vinales.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat