vadakkuvaasal.com

Ulas Fitur TVS Callisto 125, Lengkap buat Skutik Rp 20 Jutaan

TVS Callisto 125
Lihat Foto

JAKARTA, - TVS Callisto 125 punya banderol yang menarik, mulai Rp 21 jutaan. Kalau dilihat secara harga, motor dari merek India ini bersaing langsung dengan Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio.

Secara tampilan, Callisto 125 bisa dibilang bukan selera semua orang. Modelnya unik, lebih khas ke skutik yang ada di India, tampilan depan modern dengan bodi belakang besar seperti skutik Eropa, komponennya banyak dari besi.

Lalu, spesifikasinya juga memiliki mesin yang lebih besar, yakni 125cc. Cuma, performanya beda tipis dari Scoopy atau Fazzio, dengan tenaga 6 kW atau sekitar 8 TK dan torsi 10,5 Nm di atas kertas.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap TVS Callisto 125, Kerap Dipandang Sebelah Mata


Namun, bicara fitur, Callisto 125 bisa dibilang unggul dari para kompetitor merek Jepang. Keunikan dari skutik TVS ini adalah punya lampu DRL di bagian depan dan lampu malam LED di belakang, tidak ditemukan di Fazzio atau Scoopy.

Lalu, keterangan informasi yang ada di layar instrumen sangat lengkap. Misal dari indikator standar samping yang menyala merah kalau belum dilipat serta keluar suara nyaring demi mengingatkan keselamatan pengendara.

Ada Econometer yang merupakan indikator Eco dan Power. Indikator tersebut menyala bergantian, saat berkendara sedang hemat maupun tuas gas lagi dibejek buat mendapatkan kecepatan.

Baca juga: Angka Kecelakaan Turun Drastis di Momen Mudik 2024

TVS Callisto125/FATHAN TVS Callisto125

Indikator lainnya di layar instrumen seperti keterangan Integrated Starter Generator (ISG), TVS Intelligo (sistem start-stop), dan bahan bakar rendah. Belum lagi buat lampu sein, saat menyala akan mengeluarkan bunyi, sehingga pengendara tidak lupa mematikan, setelah belok.

Keunggulan lainnya bisa dilihat dari layar MID yang penuh informasi. Sebut saja sisa jarak tempuh dengan BBM yang ada di tangki, rarta-rata konsumsi BBM, konsumsi BBM secara real-time, trip meter A dan B, pengingat servis, dan helm.

Keunikan lain ada TRIP F, menampilkan sisa jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bahan bakar cadangan. Jadi pengendara bisa segera untuk mencari SPBU terdekat, sebelum kehabisan bensin.

TVS Callisto125/ADITYO TVS Callisto125

Bahas soal TVS Intelligo, sistem start-stop mesin ini bisa dibilang cukup unik. Biasanya kalau skutik lain tinggal putar gas maka mesin menyala, cuma di Callisto 125, biar mesin kembali menyala harus sambil tekan rem juga, buat keamanan.

Fitur unik yang disematkan ke Callisto 125 adalah adanya setelan suspensi belakang. Tersedia tiga setelan, jadi bisa menentukan seberapa empuk bantingan dari shockbreaker tunggal yang ada di sisi kiri motor.

Terakhir, Callisto juga dilengkapi dengan pengunci rem belakang. Jadi saat berhenti di tanjakan atau lampu merah, tinggal tarik tuas di dekat handel rem belakang, maka motor akan diam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat