vadakkuvaasal.com

Penumpang Bersihkan Jalan di Terminal, Pakai Toilet Bus Saat Parkir

Cuplikan video penumpang bus AKAP bersihkan jalan Terminal Terpadu Pulo Gebang
Lihat Foto

JAKARTA, - Kembali terjadi penumpang bus yang menyalahgunakan fasilitas toilet bus AKAP.  Kejadian tersebut terekam pada cuplikan video yang diunggah oleh akun Tiktok milik @budioracetha. Lantaran menggunakan toilet bus saat singgah di Terminal Terpadu Pulo Gebang untuk buang air kecil, akhirnya penumpang tersebut harus bertanggung jawab terhadap perbuatannya.

Penumpang yang pria yang menggunakan kaos dan celana hitam tersebut diminta turun dari bus oleh petugas untuk membersihkan area yang terkena hasil pembuangan toilet saat dirinya sedang buang air kecil.

Pada video tersebut, penumpang tersebut membersihkan jalan area terminal yang terkenal air pembuangan toilet menggunakan air bersih dan serokan air. Namun tidak disebutkan kapan kejadian ini berlangsung, dari cuplikan video, pemuda tersebut merupakan salah satu penumpang dari bus Sedya Mulya. 

Baca juga: Harga Hatchback Bekas Usai Lebaran, Jazz mulai Rp 53 Jutaan

@budioracetha

sory ya mas koe tak pidioh .

? suara asli - budidonjuan

 

Menanggapi video itu, Gunawan salah satu kernet bus PO Gumarang Jaya mengatakan, bila sudah kejadian seperti di video tersebut, biasanya kru bus yang akan tanggung jawab membersihkan area yang menjadi kotor akibat pembuangan toilet kalau tidak ada penumpang yang mengaku. Sebab, memang tidak boleh pakai toilet bus untuk buang air kecil pada saat macet atau parkir.

 "Kasihan nanti lingkungan punya orang lain jadi kotor karena bus AKAP kebanyakan belum pakai penampung. Kalau sudah begitu biasanya kru yang tanggung jawab karena biasanya penumpang tidak mau mengaku," kata Gunawan kepada beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Video Viral, Honda Mobilio Kehilangan Keempat Bannya Saat Parkir

Toilet bus/Fathan Radityasani Toilet bus

Gunawan juga mengatakan,  dalam setiap layanan bus AKAP sudah diperingatkan oleh kru agar penumpang menggunakan toilet untuk buang air kecil pada saat bus sedang berjalan. Bahkan disematkan pula tulisan peringatan pada area depan toilet, namun penumpang selalu mengabaikan. 

Setiap terminal bus juga telah menyediakan sejumlah fasilitas toilet gratis bagi penumpang, hanya saja menurut Gunawan, masih banyak penumpang bus yang takut ditinggal kalau ke toilet di terminal pada saat perjalanan.

 "Padahal penumpang bisa minta izin dulu pada kru bus untuk ke toilet. Sehingga kru bus akan menunggu penumpang. Penumpang tidak akan ditinggal, tenang saja," kata Gunawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat