vadakkuvaasal.com

5 Pengecekan Usai Mobil Mudik Lebaran

Astra Peugeot berusaha untuk dekat dengan konsumen setianya. Merek asal Perancis tersebut kembali menggelar Part Bazaar secara online di penghujung tahun.
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Mudik Lebaran 2024 sudah berakhir. Buat yang mudik menggunakan mobil pribadi ada baiknya melakukan pengecekan ke bengkel. Sebab saat dipakai mudik mobil menempuh perjalanan berat.

Roni Agung, Kepala Bengkel Peugeot Cilandak, mengatakan, pemilik mobil jangan hanya hanya fokus pada perawatan sebelum mudik tapi juga pasca perjalanan mudik.

Baca juga: Mitos atau Fakta Air Toilet Bus Pakai Air AC?

"Sebaiknya melakukan servis menyeluruh hingga melakukan tune up mobil bila diperlukan, agar performa mesin mobil tidak menurun. Sehingga usai perjalanan pulang (mudik) mobil kembali fit setelahnya," ujar Roni dalam keterangan resmi, Jumat (19/4/2024).

 

Ilustrasi mencuci mobil di rumah- Ilustrasi mencuci mobil di rumah

Roni mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan usai mobil menempuh perjalanan jauh:

1. Cuci mobil

Perlu dilakukan pertama kali adalah mencuci mobil. Tak hanya bagian eksterior atau luar mobil, bersihkan juga bagian dalam mobil.

"Bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan interior agar debu dan kotoran yang menempel pada karpet dan jok bisa terangkat," kata Roni.

2. Cek oli

Meskipun sudah di lakukan servis sebelum mudik, perjalanan jauh dapat memengaruhi kualitas oli mesin. Apalagi jika terjadi kebocoran di area mesin.

Oleh sebab itu kalau kondisi mesin dirasakan tidak normal sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel resmi terdekat untuk cek kondisi pelumas mesin, gearbox dan lainnya.

Baca juga: Diskon Tarif Tol Semarang-Jakarta Berakhir Hari Ini

 

Ragam pilihan oli mobil/ JANLIKA PUTRI Ragam pilihan oli mobil

"Mengapa harus di cek dan ganti oli jika diperlukan? Karena perjalanan yang ditempuh dalam jangka waktu lama, biasanya akan membuat setiap komponen terus bergesekan secara terus-menerus," ujar Roni.

"Tak heran jika hal ini membuat oli lebih mudah kotor dan berkurang sehingga fungsi oli mesin sebagai pelumas bisa menurun kualitasnya," ujar Roni.

3. Periksa pendingin mesin

Selain pemeriksaan pada mesin, lihat juga apakah sistem pendinginnya berfungsi secara normal guna menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan mencegah mesin menjadi overheat.

Bisa dimulai dengan memeriksa volume air di tabung reservoir hingga kondisi dan kualitas air radiator.

Baca juga: Yamaha Kejar VR46 buat Jadi Tim Satelit, Syaratnya Berat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat