vadakkuvaasal.com

Tes Lengkap TVS Callisto 125, Ulas Desain sampai Biaya Kepemilikan

TVS Callisto 125
Lihat Foto

JAKARTA, - TVS Callisto 125 menjadi salah satu skutik yang punya tampilan ala skuter klasik. Harganya tergolong kompetitif, mulai Rp 21 jutaan, bersaing langsung dengan Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio.

dapat kesempatan buat mengetes Callisto 125 untuk beberapa hari. Pada tulisan kali ini, akan dibahas semua hasil tes, mulai dari desain, spesifikasi, fitur, rasa berkendara, sampai biaya kepemilikan.

Desain

Baca juga: Skema Kredit TVS Callisto 125, Cicilan mulai Rp 681.000

Soal desain, Callisto 125 memang bukan selera mayoritas orang Indonesia. Skutik TVS ini lebih mengarah ke motor yang ada di India, tampilan depannya modern dengan bodi belakang yang besar ala skutik Eropa.

Bagian lampu utama sudah LED dan sederhana saja bentuknya. Lalu di bagian bodi depan, desainnya menggembung tanpa banyak tarikan garis yang agresif nan sporty yang kerap jadi andala skutik merek Jepang.

Paling ketara adalah sepasang sein di depan yang ukurannya besar. Serta di bagian dalam lampu sein ini ada DRL LED, bikin tampilan motor unik serta elegan.

TVS Callisto125/FATHAN TVS Callisto125

Lalu pada bagian samping, kelihatan sekali bodinya besar, seolah menggelembung. Belum lagi emblem krom Callisto 125 di tengah sisi bodi yang dominan. Lalu, pelek 12 inci juga terlihat kecil dari samping, terkesan jomplang dengan bodi, meskipun tanpa kendala ketika dikendarai.

Pada bagian belakang, lampu kombinasinya besar, tapi masih memakai bohlam. Cuma TVS memberi sentuhan mewah dengan adanya LED bar yang berfungsi jadi lampu malam saat motor menyala.

Spesifikasi

Callisto 125 punya dimensi yang ringkas. Panjangnya 1.852mm, lebar 681mm, dan tinggi 1.168mm. Sebagai bayangan, ukurannya mirip-mirip Honda Scoopy, sedikit lebih tinggi. Sekilas dari depan wajahnya mirip Honda Spacy.

Baca juga: Yamaha Kejar VR46 buat Jadi Tim Satelit, Syaratnya Berat

TVS Callisto 125/ADITYO TVS Callisto 125

Soal bobot, Callisto 125 punya berat 109 Kg. Memang lebih berat dari skutik biasa, seperti Scoopy yang cuma 94 Kg, mengingat bodi Callisto ada yang dari pelat besi, jadi tentu lebih berat, tapi lebih kokoh.

Bicara tentang dapur pacu, Callisto 125 dilengkapi dengan mesin 124,8cc satu silinder dengan pendingin udara dan sudah injeksi. Tenaga yang dihasilkan 6 kW atau setara 8 TK di 6.500 RPM dan torsi 10,5 Nm di 4.500 RPM.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan model teleskopik dan yang dipasang di belakang model tunggal dengan tiga setelan kekerasan. Roda yang digunakan berukuran 12 inci di depan dan belakang, dibalut ban berukuran 90/90.

Baca juga: Suzuki Gandeng SkyDrive Siap Kembangkan Mobil Terbang

Fitur 

TVS Callisto125/FATHAN TVS Callisto125

Callisto 125 bisa dibilang unggul secara fitur dari para kompetitor merek Jepang. Misal klaster instrumennya kombinasi antara jarum buat speedometer dan LCD berwarna biru yang jadi MID, penuh dengan informasi.

Klaster instrumennya menampilkan indikator standar samping yang menyala merah kalau belum dilipat, serta keluar suara nyaring demi mengingatkan keselamatan pengendara.

Ada Econometer yang merupakan indikator Eco dan Power. Indikator tersebut menyala bergantian, saat berkendara sedang hemat maupun tuas gas lagi dibejek buat mendapatkan kecepatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat