vadakkuvaasal.com

Video Toyota Fortuner Jalan Zigzag Lewati Tanjakan Curam

Video Toyota Fortuner lewati tanjakan curam dengan cara zigzag
Lihat Foto

JAKARTA, - Berkendara pada kondisi jalan menanjak kerap menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika kontur yang dilalui cukup beragam, seperti jalan bergelombang ataupun licin.

Saat ada di kondisi ini, para pengemudi dituntut untuk menggunakan cara khusus, misalnya seperti video yang diunggah oleh akun Instagram bernama @lowslow.indonesia, Jumat (19/4/2024).

Dalam tayangan tersebut terlihat mobil Toyota Fortuner yang melewati tanjakan dengan cara berjalan zigzag. Sopir SUV bongsor Toyota itu terlihat membelokan mobil ke kiri dan ke kanan hingga mampu melewati tanjakan dengan mulus.

Baca juga: Cara Mengoperasikan Innova Zenix Supaya Lebih Jago Menanjak

Terkait video ini, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, cara yang dilakukan oleh sopir Fortuner tersebut memang bisa dilakukan untuk mempermudah mobil melewati jalan menanjak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

“Bermanuver zigzag memang dapat meningkatkan traksi antara ban dengan jalan, sehingga mobil lebih mudah untuk melintasi tanjakan. Tetapi kalau kecepatan kendaraan tinggi dan manuvernya terlalu berlebihan ya mobil memang bisa terbalik,” kata Marcell, kepada , Sabtu (20/4/2024).

Marcell melanjutkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengemudi agar tetap aman saat melewati tanjakan curam.

Baca juga: Aksi Xenia Ingin Menyalip APV di Tanjakan Tapi Gagal

“Pertama pelajari tanjakan yang akan dilalui, dengan melihat mobil lain saat melintasi tanjakan tersebut. Bila kendaraan dapat lewat, maka mobil kita juga seharusnya bisa,” kata Marcell.

Kemudian kurangi beban kendaraan, misalnya dengan menurunkan penumpang. Selanjutnya bersiap menanjak dengan menggunakan gigi paling rendah.

“Lebih baik start poin cukup jauh dari awal tanjakan, agar dapat memiliki momentum tenaga yang cukup. Jaga traksi antara ban dengan jalan saat di tanjakan,” ujar Marcell.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat