vadakkuvaasal.com

Yamaha Bikin Teknologi Transmisi dengan Kopling Otomatis buat Moge

Paten sistem kopling otomatis motor Yamaha
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Yamaha tampak mempersiapkan motor dengan kopling otomatis buat menyaingi sistem e-Clutch milik Honda yang ada di CB650R dan CBR650R. Model yang nanti dipasang adalah MT-07 dan YZF-R7.

Dikutip dari Cycleworld, sistem kopling otomatis yang ada di Yamaha akan menggunakan tombol buat ganti gigi dan menghilangkan handel kopling. Berbeda dari yang ada di Honda, di mana kopling dan tuas transmisi di kaki masih digunakan.

Sebenarnya teknologi seperti ini sudah pernah dipasang ke Yamaha FJR1300 pada 2006. Sistem yang disematkan ke motor touring besar ini namanya YCC-S atau Yamaha Chip Controlled Shifting.

Baca juga: Ulas Fitur dan Teknologi Baru pada Yamaha Lexi LX 155

Paten sistem kopling otomatis motor YamahaCycleworld Paten sistem kopling otomatis motor Yamaha

Cuma bedanya, sekarang teknologi tersebut akan dipasang ke motor yang lebih kecil, yakni MT-07 dan YZF-R7. Kemungkinan lain, teknologi ini juga bakal tersedia ke motor dengan mesin yang sama di Yamaha, seperti XSR700 dan Tenere 700.

Sistemnya kurang lebih dilengkapi dengan dua aktuator yang dipasang di atas transmisi. Satu ada di kiri untuk mengoperasikan pergantian gigi dan di kanan buat mengendalikan koplingnya.

Modul tersebut merespon tombol yang ada di setang, naik dan turun gigi. Begitu juga saat motor berhenti, sistem akan membuat motor tidak mati mesin, mengingat sudah tidak ada kopling, makin praktis.

Baca juga: Motor dengan Keyless, Jangan Lupa Tekan Tombol Ini pada Kuncinya


Konsol sistem pengaturan ada pada sisi kiri dan kanan mesin, dipasang saluran udara buat mendinginkan yang ada di sebelah tangki. Pada gambar paten, kelihatan jelas kalau motor yang digunakan adalah MT-07 dan YZF-R7.

Jadi mari ditunggu saja akan seperti apa sistem kopling otomatis dari Yamaha. Katanya teknologi tersebut juga bisa untuk mengganti gigi sendiri, jadi motor matik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat