vadakkuvaasal.com

Motor China Banyak yang Jiplak Desain, Ini Kata Yamaha

Motor listrik Rakata NX3 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022).
Lihat Foto

JAKARTA, - Seperti sudah menjadi hal yang lumrah kalau pabrikan asal China menjiplak desain sepeda motor merek lain. Hal ini terjadi karena desain juga menjadi salah satu poin utama selain harga untuk menarik konsumen.

Seperti merk asal China, Huaying yang meniru desain Yamaha R6. Motor ini dibanderol hanya Rp 49 jutaan.

Motor China Huaying R6/Adityo Wisnu Motor China Huaying R6

Lalu bagaimana sikap Yamaha Indonesia? Asst GM Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan, pihak Yamaha pusat sudah melihat masalah ini.

"Sebenarnya bukan hanya Nmax. Ada beberapa model lain dan di beberapa negara juga itu benar-benar dijiplak. Artinya, saat ini kita menunggu (langkah) dari prinsipal terkait upaya dan sikap dari mereka," ucap Antonius saat bertemu media di Solo (4/5/2024).

Antonius juga menjelaskan bahwa Yamaha Indonesia menunggu instruksi dari Yamaha Motor Corporation (YMC) terkait hal ini.

"Kita mengikuti kalau memang ternyata ada upaya dan kalau kita diminta untuk mendukung ya pasti kita membantu mereka, (prinsipal Yamaha)," jelas Antonius.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat