vadakkuvaasal.com

Bawa Durian di Dalam Mobil, Filter AC Tidak Bisa Diselamatkan

filter ac mobil
Lihat Foto

JAKARTA, - Selayaknya suku cadang mobil pada umumnya, filter mobil juga memiliki batas usia pakai dan harus diganti selang beberapa waktu, supaya kenyamanan berkemudi tetap terjaga.

Sesuai namanya, filter AC mobil berfungsi untuk menyaring udara dari luar, dan mencegah masuknya polutan-polutan seperti debu atau aroma tidak sedap

Untuk diketahui, waktu penggantian filter AC ternyata tentatif alias tidak menentu. Durasinya diklaom bisa cukup dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, durasi normal penggantian filter AC adalah satu kali setiap 10.000 kilometer atau sekitar enam bulan.

Baca juga: Setelah Dipakai Mudik, Ini Komponen Mobil yang Sering Bermasalah

Saat mudik lebaran, jangan bawa benda menyengat seperti durian atau ikan asin ke dalam mobil, baunya akan sangat sulit dihilangkanTangkapan layar YouTube @MarcellBorneo Saat mudik lebaran, jangan bawa benda menyengat seperti durian atau ikan asin ke dalam mobil, baunya akan sangat sulit dihilangkan

“Durasi pakainya filter AC sama seperti oli mesin, jadi biasanya waktu servis rutin, hitungannya sudah sepaket,” ucapnya saat dihubungi , Selasa (16/4/2024).

Akan tetapi, Juni mengklaim jika durasi ini bisa berubah kalau dijumpai ada situasi di luar perkiraan, contohnya seperti mobil dipakai mengangkut barang berbau tajam seperti durian, ikan asin, dan sejenisnya.

Menurut Juni, aroma dari barang-barang ini sangat kuat dan apak, serta bisa menempel permanen di filter AC. Jika terjadi situasi semacam ini, solusi terbaik adalah mengganti baru.

“Pernah ada kejadian mobil pelanggan bau habis mudik, bilangnya sempat beli durian waktu liburan dan dibawa buat oleh-oleh. Itu kondisinya filter AC sudah bau durian juga, enggak bisa diselamatkan,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat