vadakkuvaasal.com

Penyebab Lampu Indikator Pintu Mobil Menyala Terus

Lampu indikator transmisi menyala
Lihat Foto

SLEMAN, - Sebelum melakukan perjalanan, pintu mobil harus dalam kondisi tertutup rapat agar tak terbuka dengan sendirinya di tengah perjalanan.

Produsen mobil menyediakan fitur lampu indikator pintu untuk memudahkan pengemudi mengontrol dan memastikan apakah sudah tertutup dengan benar atau belum.

Saat pintu terbuka, lampu indikator akan menyala dan akan mati secara otomatis bila tertutup rapat.

Hanya saja, terkadang lampu indikator pintu mobil menyala terus padahal semua pintu sudah tertutup rapat.

Baca juga: Awas Indikator BBM Selalu di Posisi Penuh, Mobil Malah Bisa Mogok


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, lampu indikator pintu pada mobil disematkan dengan tujuan untuk mempermudah pengemudi.

“Saat terdapat salah satu pintu mobil atau beberapa belum tertutup rapat, maka lampu ini akan menyala sebagai informasi kepada pengemudi, sehingga pintu bisa ditutup ulang agar rapat,” ucap Hardi kepada , Minggu (12/5/2024).

Hardi mengatakan, terkadang pintu mobil tampak sudah tertutup, tapi bila ayunan saat menutup pintu kurang kencang bisa berpotensi membuat pintu tidak menutup sempurna.

Baca juga: Lampu Indikator BBM Mobil Menyala, Sisa Berapa Liter Lagi di Tangki?

Fiat 500 S didesain khusus tahan bantingTangkapan layar Fiat 500 S didesain khusus tahan banting

“Salah satu tanda bila pintu mobil belum tertutup sempurna lampu indikator pintu mobil akan menyala, ini harus diperhatikan oleh setiap pengemudi sebelum melajukan mobil,” ucap Hardi.

Selain pintu, lampu indikator juga bisa menyala karena pintu bagasi belum rapat menurut Hardi.

“Terkadang semua pintu mobil sudah tertutup rapat, tapi indikator masih menyala, pengemudi bisa memeriksa pintu bagasi, bila dibiarkan bagasi bisa terbuka dengan sendirinya ketika mobil melaju,” ucap Hardi.

Baca juga: Video Lucu Problematika Mengayun Saat Tutup Pintu Mobil

Lampu indikator pada mobilTangkapan layar Lampu indikator pada mobil

 

Terlepas dari adanya pintu yang tidak tertutup dengan sempurna, lampu indikator juga bisa menyala terus bila terjadi masalah pada sistem kelistrikan.

“Seperti sakelar pintu eror, rangkaian kelistrikannya bermasalah seperti korsleting, koneksi yang tidak baik, maka lampu indikator bisa menyala terus menerus, dalam hal ini konsumen sebaiknya membawa mobil ke bengkel,” ucap Hardi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat