vadakkuvaasal.com

Makin Banyak Warga Liburan ke Sumatera Lewat Tol Saat Libur Panjang

Ruas Tol Trans Sumatera diprediksi akan dilintasi 1,2 juta kendaraan saat libur natal dan tahun baru (Nataru).
Lihat Foto

JAKARTA, - Dewasa ini perjalanan lintas Sumatera saat memasuki periode libur panjang semakin ramai. Fakta ini terbukti dengan naiknya arus lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS.

Paling baru, data PT Hutama Karya (Persero) sebagai salah satu operator ruas tol terkait mencatat, kenaikan arus berlangsung ketika libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus 8-12 Mei 2024.

"Kendaraan yang melintas di JTTS sebanyak 414.538 unit, meningkat 15 persen dibandingkan volume lalu lintas normal," kata EVP Sekretaris PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim dalam keterangannya, Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Servis Rem Mobil Secara Rutin Bisa Mengurangi Risiko Rem Blong

Suasana ruas Tol Trans Sumatera dipadati kendaraan saat arus balik, Senin (15/4/2024).Dokumentasi Hutama Karya Suasana ruas Tol Trans Sumatera dipadati kendaraan saat arus balik, Senin (15/4/2024).

Lebih rinci, selama periode libur panjang akhir pekan tersebut, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung paling banyak dilintasi karena memudahkan akses ke lokasi wisata di wilayah Palembang.

Sementara Tol Sigli-Banda Aceh menjadi ruas yang mengalami peningkatan trafik paling signifikan sebesar 40 persen karena banyaknya pengguna jalan tol yang berlibur via darat dari arah Seulimeum menuju Batussalam.

Rinciannya, untuk kendaraan yang melintasi Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (Terpeka) pada periode terkait mencapai 76,866 Kendaraan atau meningkat 17 persen dari volume lalu lintas normal.

Kemudian dari kendaraan yang melintasi Tol Palembang-Prabumulih (Palindra & Inprabu) sebanyak 61.350 unit atau meningkat 6 persen dari volume lalu lintas normal.

Baca juga: Imbas Insiden Trans Putera Fajar, Kemenhub Rancang Aturan Jual Beli Bus Bekas

Gerbang Tol Prambulih di Jalan Tol Trans SumateraHutama Karya Gerbang Tol Prambulih di Jalan Tol Trans Sumatera

Ada juga kendaraan yang melintasi Tol Bengkulu-Taba Penanjung (Bengtaba) 9.667 unit atau meningkat 2 persen dari volume lalu lintas normal, kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang) 31.579 unit atau meningkat 23 persen dari volume lalu lintas normal.

Serta, kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), yakni 73.649 unit alias meningkat 14 persen dari volume lalu lintas normal.

"Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura-Lima Puluh (Inkis) 38.612 kendaraan atau lebih tinggi 7,47 persen dari volume lalu lintas normal, kendaraan yang melintasi Tol Binjai – Tanjung Pura (Binsa) 46.017 unit atau meningkat 15 persen dari volume lalu lintas normal," kata Adjib.

Sementara kendaraan yang melintasi Tol Sigli-Banda Aceh (Seulimeum - Baitussalam) (Sibanceh) 21.554 kendaraan atau meningkat 40 persen dari kondisi biasanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat