vadakkuvaasal.com

Ada Komponen Tambahan, Alasan Mobil Hybrid Jangan Diservis di Bengkel Umum

All New Toyota Yaris Cross Hybrid berhasil menempuh Jakarta-Surabaya dengan hanya sekali isi bensin.
Lihat Foto

JAKARTA, - Memiliki dua sumber tenaga utama, mobil listrik berteknologi hibrida ataupun hybrid electric vehicle (HEV) memiliki beberapa komponen tambahan yang tak boleh luput dari perhatian.

Dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Timur, Suratman, salah satunya ialah filter atau saringan sistem pendingin khusus baterai yang berfungsi agar masa pakai komponen terjaga.

"Mobil hybrid memiliki sistem cooling untuk baterainya, pendingin baterai. Itu ada filternya dan harus dibersihkan setiap enam bulan," ucap dia saat ditemui di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/5/2024).

Baca juga: Awas Korsleting, Ini yang Harus Dilakukan Saat Mobil Listrik Kecelakaan

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Fungsi dari sistem pendingin ini, tidak jauh berbeda dengan pendingin mesin di mobil pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE).

Meski demikian, kata Suratman, pengguna tidak perlu khawatir karena setiap servis besar, bagian terkait senantiasa bakal dicek dan termasuk pada suku cadang yang jarang rusak alias awet.

"Sistem cooling itu hanya harus dibersihkan setelah 246.000 kilometer, lebih kurangnya. Anggap 10.000 kilometer tercapai setiap enam bulan, maka cukup lama (awet)," ucap dia.

"Pembersihannya setiap periode servis rutin enam bulan, pasti selalu dibersihkan. Pembersihannya pun hanya dari debu saja," kata Suratman.

"Jadi bagi pengguna, (perawatan mobil hybrid) tidak ada bedanya dibanding mobil konvensional. Servisnya pun tak ada penambahan waktu karena bagian elektrikal bisa masuk mengikuti pengerjaan mesin. Tak ada yang rumit," kata dia lagi.

Baca juga: Penjelasan Kemenhub Soal Rencana Aturan Jual Beli Bus Bekas

Mesin Innova Zenix Nasmoco Mesin Innova Zenix

Apalagi, rata-rata mobil hybrid dari Toyota diberikan garansi baterai selama 8 tahun. Namun perlu dicatat, jangan sampai pengguna melakukan modifikasi berlebihan yang pada akhirnya mempengaruhi kinerja baterai.

Sejalan dengan itu, Suratman pun tidak menyarankan melakukan servis mobil hybrid di bengkel umum. Sebab pengecekkan dan pembersihan pada sistem pendingin baterai tersebut bisa terlewat.

"Sebab ada item (tambahan) yang dikerjakan tadi, filter untuk sistem cooling baterai dan cek aki (baterai). Jadi kami tidak sarankan untuk ke bengkel umum (servis rutin mobil hybrid), takutnya ada yang luput membersihkan filter pendingin itu," tutup dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat