vadakkuvaasal.com

Servis Rem Mobil Secara Rutin Bisa Mengurangi Risiko Rem Blong

Rem mobil
Lihat Foto

SOLO, - Servis rem mobil menjadi perawatan yang wajib dilakukan secara rutin, sebab rem memiliki peran penting dalam keselamatan berkendara.

Maka dari itu, pemilik mobil perlu menjaga kondisi rem agar tetap optimal dan risiko rem blong bisa dihindari.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, dengan melakukan servis rem secara rutin risiko rem blong memang bisa dihindari.

“Betul sekali, servis rutin tiap 10.000 kilometer per 6 bulan, ini meliputi pemeriksaan kampas rem, kaliper rem, master booster rem, selang dan persambungan pipa-pipa rem,” kata Muchlis kepada , Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Untuk Pertama Kalinya di Musim Ini, Quartararo Merasa Kompetitif

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

Dia juga mengatakan, penggantian minyak rem juga perlu dilakukan secara berkala setiap 40.000 kilometer atau dua tahun sekali.

“Ketika merasakan pedal rem mulai dalam, segera ke bengkel untuk pemeriksaan sistem rem sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya rem blong,” kata Muchlis.

Muchlis mengatakan, jika hanya ganti minyak rem tanpa melakukan pemeriksaan lainnya, maka kondisi komponen lain tidak diketahui.

“Berarti tidak tahu kondisi kampas rem, kaliper rem, master pipa-pipa rem, sehingga ada potensi rem blongnya tinggi,” kata Muchlis.

Baca juga: Pengemudi dan Penumpang Harus Tahu Pentingnya Pakai Sabuk Pengaman


Hal serupa juga dikatakan Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, saat melakukan servis rem mekanik akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada komponen rem, sehingga jika ada masalah bisa segera diatasi.

“Minyak rem, selang-selang, kanvas, piringan tromol rem akan dipastikan bebas dari keausan. Selain itu, dipastikan juga master rem bekerja dengan baik, tidak ambles saat diinjak dan bebas dari kebocoran minyak,” kata Iwan kepada , Selasa (14/5/2024).

Selain itu, Iwan juga mengatakan, wheel cylinder dan kaliper rem juga diperiksa kondisinya, tidak bocor, tidak aus dan tidak macet.

Baca juga: Jangan Dilupakan, Ban Cadang Juga Butuh Perawatan

“Hand rem juga akan diperiksa, kondisinya baik atau tidak dengan memastikan kabel tidak aus atau macet dan tidak ada kebocoran pada seal. Serta pengecekan servo rem berfungsi dengan baik, tidak ada kebocoran,” kata Iwan.

Iwan menjelaskan, dengan melakukan perawatan rutin dan ditemukan masalah, maka komponen bisa segera diperbaiki atau diganti.

“Kalau semua komponen rem dalam kondisi baik, bisa dipastikan rem akan berfungsi dengan baik dan tidak mungkin rem blong,” kata Iwan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat