vadakkuvaasal.com

Urutan Lepas Pasang Aki, Fatal Bila sampai Terbalik

Ilustrasi aki mobil
Lihat Foto

JAKARTA, - Seiring dengan pemakaian, biasanya kualitas aki mobil juga akan menurun, apalagi bila kendaraan sudah cukup berumur. Karena itu dibutuhkan pergantian agar kelistrikan tetap prima.

Mengganti aki mobil memang bisa dilakukan sendiri di rumah karena sistemnya plug n play. Namun demikian, bukan berarti bisa asal lepas pasang seenaknya, karena tetap ada caranya.

Paling utama, pilih aki yang sesuai dengan mobil atau standar bawaan pabriknya. Setelah itu, ketika akan melepas aki yang lama, pastikan posisi kontak mobil berada dalam posisi off.

Baca juga: Awas Padat, Ada Pemeliharaan Jalan di Tol Cipularang dan Padaleunyi

Selanjutnya, jangan sampai terbalik soal urutan kutub kabel mana yang lebih dulu dilepas. Hal ini penting karena berkaitan dengan masalah safety.

Ilustrasi pemeriksaan aki mobilsuzuki.co.id Ilustrasi pemeriksaan aki mobil

"Dahulukan melepas kabel kutub negatif. Setelah yang negatif terlepas, baru yang kabel di kutub positifnya. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya arus pendek atau korsleting pada kelistrikan," ujar Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, beberapa waktu lalu.

Setelah kedua kabel terlepas, angkat aki yang lama. Namun sebelum memasang aki yang baru, baiknya bersihkan dulu kotoran atau kerak yang ada pada kedua kutub kabel.

Proses pemasangan aki yang baru juga ada aturannya. Secara tahapan terbalik dengan ketika akan melepas aki yang lama.

Baca juga: Bolehkah Pindahkan Tuas Transmisi Manual Tanpa Injak Kopling?

Setelah aki lama ditempatkan, pasang terlebih dahulu kabel yang positif. Setelah itu, lanjutkan dengan pemasangan kabel pada kutup negatif.

Ilustrasi pemeriksaan aki mobilistockphoto.com Ilustrasi pemeriksaan aki mobil

"Karena juga kabel negatif dipasang terlebih dahulu, ada potensi korsleting ketika kabel positif bersentuhan dengan bodi," ucap Didi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat