vadakkuvaasal.com

BPTD Jabar Ketatkan Pengawasan Bus Pariwisata

Ramp Check Bus Pariwisata di Ciwidey, Jabar
Lihat Foto

JAKARTA, - Sebagai salah satu destinasi wisata, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Jawa Barat (Jabar), rutin melaksanakan ramp check bus pariwisata.

Pada akhir 8-9 Juni 2024, BPTD Kelas II Jabar menggelar pengecekan dan pengawasan bus pariwisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung, yang jadi destinasi favorit masyarakat.

Kepala BPTD Kelas II Jabar Muhammad Fahmi mengatakan, proses pengecekan tak sekadar pemeriksaan teknis dan administrasi secara fisik, tapi juga melalui Spionam via aplikasi Mitra Darat.

Baca juga: Sidak, Menhub Temukan Bus Pariwisata Tak Layak Jalan Beroperasi

Pihaknya juga sekaligus melakukan sosialisasi terhadap pengemudi dan pengguna jasa bus pariwisata, agar memastikan kepatuhan terhadap kelaikan kendaraan yang aman dan berkeselamatan.

Pengecekan bus pariwisata BPTD II JabarBPTD Jabar II Pengecekan bus pariwisata BPTD II Jabar

"Saat ini sedang dilakukan pengecekan, pendataan, kemudian evaluasi dan dilaksanakan juga edukasi kepada para pengguna jasa dalam rangka terus memastikan tingkat kepatuhan terhadap kelaikan kendaraan baik secara teknis maupun secara administrasi," ucap Fahmi dalam keterangan resminya, Senin (10/6/2024).

Dari hasil pengecekan terhadap 23 bus parisiwata, ditemukan 60,86 persen laik jalan. Sementara sisanya, yakni 39,13 persen dinyatakan tidak laik jalan.

Fahmi menjelaskan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui BPTD Kelas II Jabar, akan terus melakukan kegiatan pengawasan untuk meningkatkan keselamatan, kepatuhan, serta memastikan kendaraan pariwisata yang digunakan laik jalan.

Baca juga: Persaingan Sleeper Bus AKAP Ketat, Ini Kata PO Juragan 99 Trans

Pengecekan bus pariwisata BPTD II JabarBPTD Jabar II Pengecekan bus pariwisata BPTD II Jabar

"Kita tahu Provinsi Jawa Barat merupakan lokasi destinasi pariwisata favorit. Maka penting untuk terus melaksanakan rampcheck," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat